Travel

FESTIVAL DANAU BATUR: Ditargetkan Jaring 700.000 Wisatawan

nurul
Selasa, 16 Oktober 2012 - 19:50
Bagikan

JAKARTA: Pemerintah memperkirakan Festival Danau Batur  di Desa Kedisan, tepi Danau Batur akan mendorong kunjungan wisatawan nusantara maupun  mancanegara  hingga 700.000  orang akhir tahun ini.

 

 "Kemenkraf dukung penyelenggaraan yang kedua kalinya ini pada 19-21 Oktober 2012. Apalagi Kaldera Batur bulan lalu telah ditetapkan sebagai bagian dari Global Geopark Network (GGN) atau jaringan taman bumi global oleh UNESCO sehingga popularitas Batur semakin mendunia,"  ujar  Sapta Nirwandar, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Selasa (16/10)

 

Tujuan Festival Danau Batur ini,  menurutnya,  untuk mempromosikan obyek wisata Kintamani, Bali serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke destinasi tersebut.

 

Wayan Gobang, Kepala Dinas Pariwisata Bangli yang menjadi wilayah Batur mengatakan kunjungan wisatawan tahun lalu mencapai 400.000  orang namun setelah memiliki event khusus ini dia optimistis tahun ini melonjak jadi 700.000 orang.

 

"Salah satu keunikan dari festival ini adalah tarian drama kolosal berkisah soal kesuburan danau yang melibatkan 130 penari. Selain itu pengunjung juga bisa melihat anjing Kintamani, Bangli yang memiliki keunikan  tinggal dalam gua dan sudah jadi anjing trah dunia," ungkapnya.

 

Anjing jenis ini memiliki kekhasan di telinga dan ekor serta tidak bisa dipaksa hidup di luar gua sehingga keberadaannya menyemarakan festival juga menjadi daya tarik sendiri.

 

Festival Danau Batur 2012 merupakan upaya untuk mendorong kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan wisata olahraga yang dipadukan dengan kegiatan seni budaya sehingga menjadi atraksi wisata menarik.

 

 “Kegiatan tracking dan lomba perahu mengitari Danau Batur dapat dikemas menjadi salah satu atraksi wisata menarik,” kata Sapta Nirwandar.

 

Melalui Festival Danau Batur obyek wisata di Kintamani semakin terekspos sehingga banyak diminati wisman maupun wisnus. “Festival Danau Batur menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Bangli,”  paparnya. (if)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : nurul
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro