Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LIBURAN PANJANG: Arus Penumpang membludak

 
nurul
nurul - Bisnis.com 17 Mei 2012  |  19:33 WIB

 

 

JAKARTA: Lonjakan arus penumpang pesawat udara pada saat libur empat hari sampai Minggu tinggi.

 

"Trendnya sekarang setiap akhir pekan terjadi lonjakan penumpang karena banyak keluarga Indonesia yang memanfaatkannya untuk berwisata, apalagi kali ini libur panjang mulai Kamis," ujar Mulya Abdi, General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Kamis, 17 Mei 2012.

 

Rabu malam kemarin (16 Mei 2012), kepadatan lalu lintas di area bandara sangat padat hingga menjelang tengah malam. Dibutuhkan sedikitnya 1 jam bagi kendaraan mobil pribadi hanya untuk keluar dari area parkir saja. 

"Kapasitas bandara memang sudah tidak memadai dengan jumlah penumpang maupun lalu lintas pesawat udara ke Soekarno-Hatta yang demikian tinggi," kata Mulya Abdi. 

Solusi yang dilakukannya selain melebarkan jalan di kawasan bandara juga pengaturan lalu lintas yang ketat untuk melancarkan arus lalu lintas. Pihaknya juga berencana memindahkan arena parkir mobil menginap di luar arena parkir terminal satu dan dua sehingga bisa menampung lebih banyak mobil pengantar maupun penjemput di area parkir terminal satu(domestik) dan terminal dua internasional. 

Rusmiati, Presdir PT Patihindo tours and travel mengatakan sedikitnya ada kenaikan 25% atau sebanyak 200 tiket penerbangan yang dibukukan dari biro perjalanan wisata yang dipimpinnya. 

"Tambahan tiket itu untuk liburan panjang hingga hari Minggu saja Kenaikan 25% pembelian tiket itu dibandingkan hari-hari biasa. Destinasi favorit masih tetap Singapura dan Bali. Untuk tujuan wisata lainnya seperti Jogja dan Lombok di kawasan Timur tidak ada," kata Rusmiati. 

Menurut dia jika masyarakat Indonesia mendapatkan informasi dan paket-paket wisata yang menarik di luar Bali serta aksesibilitas udaranya bagus tentunya pilihan libur bisa menyebar ke tempat lain. 

"Ke Komodo, Nusa Tenggara Timur misalnya, sudah banyak wisatawan domestik (nusantara) yang menanyakan bagaimana akses kesana. Kalau tersedia akses udara yang bagus ke Indonesia timur banyak yang dapat kita bisa promosikan ke sana," tambah Rusmiati yang juga menjabat bendahara DPP Asita (Asociation of Indonesian Tours and Travel). 

Nama Komodo yang mendunia dan menjadi pemenang Tujuh keajaiban dunia (New7 wonders) kategori alam menjadi daya tarik wisata terutama bagi kalangan profesional muda dan komunitasnya. Namun masih terbatasnya penerbangan ke kawasan Indonesia Timur menjadi kendala. 

"Tidak heran Singapura lah yang paling beruntung dengan libur panjang di Indonesia karena saat ini negara pulau itu dipadati wisman Indonesia yang ingin menikmati berbagai fasiltas baru di negara itu," tambahnya.Dia berharap upaya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memfasilitasi industri wisata di mall-mall dapat di galakan lagi karena industri pariwisata seperti travel dapat berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan masyarakat untuk menentukan tujuan wisata di akhir pekan maupun pada libur sekolah mendatang. 

"Banyak orang sudah bilang Bali macet. Jadi kesempatan kita yaitu pemerintah, Asita serta seluruh pelaku wisata untuk memasarkan Indonesia Timur sebagai next destination dan ini merupakan peluang yang bagus," tandasnya.(msb)

 

 

BACA JUGA:

11:56 - Dolar AS Keok Di Pasar Asia

10:58 - HARGA EMAS Naik 1,93 Sen Dolar/Gram

06:53 - EDITORIAL BISNIS: Kasus Korupsi Jangan Tertutup Karena Musibah Sukhoi

02:25 - GAGALNYA LADY GAGA: Sold Out Dulu Baru Izin…?

01:55 - BLACK BOX SUKHOI: Ini Rute Perjalanan Panjang Kotak Hitam Setelah Ditemukan

01:46 - FINAL LIGA CHAMPIONS: Ujian Terberat DI MATTEO

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hilda Sabri Sulistyo

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top