Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KABUPATEN MALANG: Wisatawan domestik mulai banjiri Batu

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 14 Mei 2012  |  18:58 WIB

 

 

BATU: Obyek wisata yang ada di Kota Batu berbenah untuk menyambut long week end dan libur sekolah mulai 17 Mei mendatang. Salah satunya adalah menyiapkan wahana permainan baru.
 
 
Marketing Manajer Jawa Timur (Jatim) Park 1 Kota Batu, Titik S. Ariyanto, mengatakan libur kali ini pengunjung bakal disuguhi wahana permainan baru yakni pendulum dan volcano coaster.
 
 
“Untuk pendulum sekarang sudah ready, sedangkan untuk volcano coaster Juni mendatang baru bisa dioperasikan,” kata Titik kepada Bisnis di Batu, Senin 14 Mei 2012.        
 
Menurut Titik, mulai Minggu (13/5), jumlah pengunjung di Jatim Park 1 sudah mulai ramai. Bahkan pada long week end nanti, jumlah pengunjung diprediksi di atas 3.000 orang.
 
 
“Jumlah pengunjung kita sangat dipengaruhi oleh keberadaan Jatim Park 2 (Museum Satwa dan Batu Secret Zoo). Namun saya optimistis long week end kali ini jumlah pengunjung minimal 3.000 orang. Karena mulai Minggu (13/5) jumlah pengunjung mulai naik.”
 

Hal itu, lanjut dia, berkaca dari jumlah pengunjung pada Minggu (13/5) dan Senin (14/5) yang berada di kisaran 3.000 orang. Atau naik dua kali lipat jika dibandingkan hari biasa.

 

Wisatawan domestik sendiri, mulai akhir pekan lalu, sudah mulai membanjiri Kota Batu. Kenaikan jumlah kendaraan bermotor yang masuk Batu membuat arus lalu-lintas terlihat cukup padat.

 
Kepala Dinas Perhubungan, Informasi, dan Komunikasi (Dishubkominfo) Kota Batu, Hidayat Murthadlo, mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang datang ke Kota Batu pada long week end kali ini pihaknya bakal  melakukan koordinasi dengan petugas kepolisian Polres Batu.
 
 
“Menurutnya, untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan yang datang ke Kota Batu, Dishub bersama petugas Polres Batu akan melakukan siaga di sejumlah titik yang rawan kemacetan seperti pintu masuk menuju Kota Batu dari arah Kabupaten Malang maupun Kota Malang yakni Pertigaan Pendem, serta Pertigaan Pasar Batu,” jelas dia.
 
 
Data Dishubkominfo, kata dia, jumlah kendaraan yang masuk ke Batu selama musim libur naik hingga dua-tiga kali lipat dibanding pada hari biasa.
 
Pada saat normal, jumlah sepeda motor berkisar 27.294 unit. Namun, pada waktu libur  meningkat hingga 40.656 unit. Dan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 59.129 orang.
 
 
Adapun untuk kendaraan roda empat saat hari biasa berkisar 8.569 unit. Dan pada waktu liburan meningkat tajam hingga 17.000 unit dengan asumsi jumlah penumpang mencapai 74.020 orang.
 
 
Taman Rekreasi Sengkaling Kecamatan Dau Kabupaten Malang, mulai Minggu (13/5) lalu, juga terlihat dipadati pengunjung. Bahkan dari pantauan Bisnis tidak ada satu wahana pun yang sepi dari pengunjung.
 
 
Manajer Taman Rekreasi Sengkaling, Hariadi, saat dihubungi enggan menyebut berapa angka pasti kunjungan wisatawan yang datang. Apalagi pada waktu long week end nanti.  “Maaf, saya belum bisa menyebut angka secara pasti. Karena kewenangan ada di corporate secretary Bentoel. Karena Sengkaling berada di bawah Bentoel,” tambahnya.(msb)
 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : mohammad sofi`i

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top