Kuliner

TUJUAN KULINER: Ada KAMPOENG TEMPOE DOELOE di Kelapa GADING

Zulkarnaini Muchtar
Sabtu, 12 Mei 2012 - 17:51
Bagikan

JAKARTA:  Di tengah-tengah maraknya kuliner asing memasuki kehidupan masyarakat Indonesia, pusat perbelanjaan Sentra Kelapa Gading yang bernaung di bawah pengembang PT Summarecon Agung Tbk mengadakan pesta kuliner zaman dulu  berupa kegiatan kuliner Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) di  La Piazza, mulai malam ini sampai 27 Mei.“Kita membantu mempromosikan kuliner Nusantara kepada masyarakat yang dapat menjadi  salah satu daya tarik orang datang ke Jakarta,” kata Anwar Arifin, Ketua Penyelenggara Jakarta Fashion & Food Festival, kemarin.

 

Dia mencontohkan Thailand dan Jepang. Orang berkunjung ke negara tersebut juga karena makanan. Orang kenal dengan tomyam dari Thailand. “Pada hal kita juga punya sayur asam,” kata Anwar, tadi malam, di sini.

 

Untuk itu, katanya, pihaknya berupaya mempromosikan makanan Nusantara secara bergantian. Kegiatan rutin tahunan yang kesembilan  itu menampilkan budaya kuliner zaman dulu dengan tema Out Batavia.

 

KTD didekorasi dengan suasana ornamen dan replika bangunan kolonial dan sejarah kota Jakarta masa silam di La Piazza. Belanja kuliner yang alat pembayarannya juga menggunakan mata uang masa lampau itu buka mulai jam. 15.00 sampai malam.  “Kita juga menawarkan suasana,” kata Anwar.

 

Penyelenggaraan KTD itu juga merupakan bagian dari penyelenggaraan JFFF ke-9. Pada kegiatan tersebut,  para peserta KTD menampilkan berbagai jenis makanan pengaruh masa kolonial seperti klappertaart, bittrballen, poffertjes. 

KTD juga konsisten menghadirkan puluhan pedagang makanan khas Nusantara  seperti empal gentong Putra Mang Darma, tongseng Pak Budi, kupat tahu Magelang, sate padang Mak Syukur, gado-gado Direksi, nasi gudeg Bu Tjitro, soto Bangkong, kue putu bambu Medan. Selain itu, KTD juga menampilkan  aneka jajanan tradisional seperti otak-otak Petojo, rujak juhi Bang Tata, kerak telur, tahu gejrot, tauge goreng, buah lontar dan lain-lain. (ea)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI

5 KANAL TERPOPULER BISNIS.COM

10 Artikel MOST READ Bisnis.Com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro