Rempah/Antara
Kuliner

Ini Tips agar Rempah Dapur Bertahan Segar Hingga 3 bulan

Putri Salsabila
Selasa, 11 Desember 2018 - 20:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Tak jarang, orang rindu ayah ibu, sanak saudara, dan suasana rumah yang tidak tergantikan bahkan merindukan kudapan yang sering disiapkan ibu di meja makan.

Namun, walaupun anda tidak dapat berangkat pulang, ada satu cara untuk membayar sedikit rindu yang begitu besar untuk kampung halaman dengan memasak masakan khas rumah.

JIka anda susah menemukan rempah-rempah yang sesuai, saran yang baik dari Chef Rudi Choirudin untuk membawa beberapa rempah dari Indonesia saat anda kembali ke negara rantau.

Jangan takut untuk kehilangan esensi keorisinilan rasa rempah yang kamu simpan, karena Chef Rudi Choirudin memberikan beberapa tips untuk menyimpan rempah hingga 3 bulan selanjutnya.

Untuk menjaga daun salam jangan disimpan di kulkas chiller, karena walaupun akan lebih lama membusuk namun anda akan kehilangan aroma yang sedikit demi sedikit menghilang.

Chef Rudi menyarankan untuk menjaga daun salam dengan cara membersihkannya terlebih dahulu, jangan dijemur cukup diangin  - anginkan dengan cara digantung dan dimasukkan kedalam sebuah tempat rapat dan simpan disebuah freezer. Hal ini bisa dilakukan juga untuk Serai.

Untuk daun jeruk, jangan disimpan di kulkas dengan telanjang, karena hal ini dapat merusak hampir semua seluruh makanan lain yang anda simpan di dalam kulkas.

“Nah termasuk paling sulit adalah daun jeruk. Dalam penyimpanan misal disimpan di lemari es , itu akan merusak aroma makanan lain, dan daun jeruk sudah hilang rasanya selama tiga hari,” ucapnya.

Chef Rudi menjelaskan bahwa daun jeruk akan bertahan kesegarannya apabila dimasukkan kedalam sebuah wadah dan kemudian disimpan didalam freezer hal itu akan tetap bagus dan hanya menurun kualitasnya sebanyak 5 % jika hal ini bisa anda lakukan untuk rempah rempah yang lain.

“Intinya semua rempah harus disimpan dengan keadaan kering benar agar tidak terfermentasi dengan jamur rempah lain seperti kapulaga, jinten, cengkeh dan sebagainya, itu jika sudah tercampur dengan jamur maka rasanya akan rusak,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Putri Salsabila
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro