Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Traveling di Penghujung Tahun, Ini Manfaat Positifnya

Traveling diakui bukan sekadar hanya untuk refreshing namun masih banyak dampak positif lainnya.
Ilustrasi./Rkbowlby
Ilustrasi./Rkbowlby
 
Bisnis.com, JAKARTA — Penghujung tahun biasanya menjadi momen yang tepat untuk merencanakan liburan bersama kerabat dan keluarga terdekat. 
 
Orang Indonesia menganggap traveling alias jalan-jalan sebagai suatu prioritas. Sehingga banyak orang yang menggunakan kesempatan akhir tahun sebagai waktu produktif bersama keluarga dan anak-anak serta kerabat tercinta. 
 
Menurut riset global yang dikeluarkan oleh World Travel and Tourism Council 2018, Asia kini menjadi benua dengan pertumbuhan sektor Travel dan Tourism tercepat dibanding negara-negara lainnya.
 
Dalam riset ini disebutkan Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan traveler tercepat (7.7%). Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini semakin menyukai kegiatan berlibur atau traveling.
 
Kegiatan traveling diakui bukan sekadar hanya untuk refreshing, namun masih banyak dampak positif lainnya yang didapat dari melakukan liburan atau traveling. Berikut manfaat traveling, seperti yang dijabarkan Traveloka dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (22/11/2018). 
 
Pertama, traveling dapat meningkatkan kesehatan. 
Traveling akan memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan mental Anda. Berlibur dapat mengurangi tingkat stres atau penat yang membebani di dalam rutinitas sehari-hari. 
 
Dengan traveling, tubuh akan terasa lebih baik. Bagi sebagian orang, melakukan traveling merupakan obat untuk depresi. Tentu saja, hal ini tidak selalu berlaku untuk semua orang, namun dengan liburan atau traveling, Anda akan merasa lebih baik secara fisik maupun psikologis. Maka dapat disimpulkan, manfaat kesehatan dari traveling sangatlah besar.
 
Kedua, traveling membuat pandangan tentang dunia lebih terbuka. 
Terbiasa menggunakan bahasa asing dikarenakan traveling dapat meningkatkan kapasitas atau kemampuan kita dalam hal skill berbahasa. 
 
Bahkan lebih dari skill berbahasa, dengan traveling Anda dapat lebih mengeksplor diri dan memahami diri lebih dalam lagi, karena saat traveling seringkali terjadi hal yang mungkin di luar dugaan yang memaksa kita untuk dapat lebih berpikir solutif dan kreatif.
 
Dengan terbiasa dalam menghadapi situasi baru, lingkungan baru, serta bertemu dengan orang baru saat traveling tentunya akan membuat Anda mulai memahami apa yang berada di luar zona nyaman Anda dan bisa lebih mudah beradaptasi dengan keadaan. 
 
Hal ini juga tentunya akan menyebabkan pandangan Anda terhadap dunia akan lebih terbuka, dengan kata lain bahwa Anda mulai menyadari sisi lain dari dunia yang selama ini tidak ketahui dikarenakan Anda telah menjelajahi atau mengeksplor dunia secara lebih jauh dengan traveling.
 
Ketiga, traveling dapat meningkatkan sifat toleransi.
Saat traveling tentunya akan bertemu dengan orang baru sehingga memicu kita untuk beradaptasi dengan siapapun kita temui. Dengan berjalannya waktu, Anda akan belajar untuk memahami perspektif baru dari orang lain dan meningkatkan pula jiwa toleransi yang Anda miliki.
 
Keempat, traveling menciptakan memori untuk seumur hidup.
Melalui traveling Anda dapat menciptakan memori yang akan terkenang seumur hidup. Adanya pengalaman saat menjalani traveling terlebih bersama orang-orang terdekat akan membuat terciptanya kenangan-kenangan yang memiliki makna tersendiri bagi para travelers. Tentunya memori adalah hal yang berharga dan tak dapat dibeli dengan uang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Eva Rianti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler