Ini Deretan Restoran Thailand Peraih Michelin Star

Panduan kuliner Michelin terbaru memperluas daftar restoran berbintang di Thailand. Namun, dari hasil rekomendasi tersebut, belum ada yang mendapatkan penghargaan tertinggi bintang tiga.   
Eva Rianti | 15 November 2018 10:37 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Panduan kuliner Michelin terbaru memperluas daftar restoran berbintang di Thailand. Namun, dari hasil rekomendasi tersebut, belum ada yang mendapatkan penghargaan tertinggi bintang tiga.   

Dilansir dari Bloomberg, Rabu (14/11/2018), restoran Sühring yang menyajikan makanan Jerman modern di ibu kota naik dari bintang satu menjadi bintang dua, bergabung dengan restoran India Gaggan, restoran Prancis Le Normandie, dan restoran Eropa Mezzaluna.

Sementara itu, ada 23 restoran meraih atau mempertahankan bintang satu, termasuk PRU di Phuket dan Bangkok dan pedagang makanan jalanan Jay Fai.

Adapun, Restoran India Gaggan yang didirikan oleh koki kelahiran Kolkata, Gaggan Anand, juga terpilih sebagai restoran Asia terbaik selama empat tahun terakhir.

Dalam versi panduan terbaru kali ini, selain ibu kota, restoran-restoran di Phuket dan Phang Nga juga dilakukan penilaian karena merupakan bagian dari upaya pemerintah Thailand untuk terus menarik wisatawan.

“Kami harus melepaskan diri dari pariwisata massal dan mempromosikan apa yang unik tentang kami dan makanan tersebut, ini adalah seni,” ujar Tanes Petsuwan, Deputy Governor untuk Pemasaran Internasional di Otoritas Pariwisata Thailand dalam sebuah briefing tentang panduan terbaru di Bangkok, Rabu (14/11/2018).

Panduan Michelin perdana untuk restoran-restoran terbaik Thailand diluncurkan tahun lalu untuk Bangkok. Negara Gajah Putih ini telah menjadi surga para pecinta makanan, mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah.  

Michelin memperkenalkan panduan di Thailand sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk meningkatkan daya tarik perusahaan di Asia dan menilai bahwa ulasan restoran yang populer akan membantu memposisikan mereknya sebagai kualitas tinggi.

Penghargaan bintang tersebut dilakukan berdasarkan beberapa kriteria, seperti kualitas bahan, kualitas rasa, teknik memasak, dan kepribadian koki dalam memasak.

Bintang tiga diberikan kepada restoran dengan gaya yang luar biasa unik. Sementara bintang dua untuk restoran dengan kualitas unggul yang membuatnya patut dikunjungi. Adapun, bintang satu berarti restoran tersebut sangat bagus di kalangannya.

Berikut rinciannya.

Bintang Tiga

Tidak ada

Bintang Dua

Gaggan

Le Normandie

Mezzaluna

Suhring

Bintang Satu

Bo.lan

Chim oleh Siam Wisdom

Elemen

Ginza Sushi-ichi

J’aime oleh Jean-Michel Lorain

Jay Fai

L’atelier de Joël Robuchon

Nahm

Pasta

Saneh Jaan

Savelberg

Sra Bua oleh Kiin Kiin

Di lantai atas di Mikkeller

Kanvas

Gaa

Le Du

Methavalai Sorndaeng

PRU

R-HAAN

Ruen Panya

Saawaan

Sorn

Suan Thip

 

Tag : restoran, michelin
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top