Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018 Bikin Wisatawan Mancanegara Betah Lama-lama di Indonesia

Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang sukses mendongkrak kunjungan turis mancanegara ke Indonesia.
Bintang dunia warenai penutupan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/9/2018)/Bisnis - Dwi Prassetya
Bintang dunia warenai penutupan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/9/2018)/Bisnis - Dwi Prassetya

Bisnis.com, JAKARTA – Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang sukses mendongkrak kunjungan turis mancanegara ke Indonesia.

Menurut catatan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), tercatat sebanyak 78,854 wisata mancanegara datang ke Indonesia selama Asian Games 2018.

Tentunya hal ini berdampak langsung pada ekonomi, khususnya pada pengeluaran wisatawan yang datang ke Indonesia.

BAPPENAS mencatat para wisatawan mancanegara tersebut mendatangkan Rp3,7 triliun dalam bentuk pemasukan negara.

"Dari 78,854 wisatawan asing yang datang selama Asian Games 2018, mereka mengeluarkan uang untuk berbelanja hingga mencapai Rp 1,9 triliun,” kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam keterangan tertulis, Jumat (19/10/2018).

Sementara itu, wisatawan domestik mengeluarkan Rp1,8 triliun. Ini langkah baik untuk mengangkat industri pariwisata nasional.

3 Negara

Melibatkan 45 negara dalam perhelatannya, ternyata manfaat Asian Games berimplikasi langsung terhadap asal wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia.

Menariknya, wisatawan mancanegara yang datang tak menetap hanya selama perhelatan akbar tersebut bergulir saja saja.

Dalam studi Bappenas, tiga negara asal wisata mancanegara tersebut adalah India dengan 17 hari, China dengan 16 hari, Belanda dan Singapura dengan 15 hari.

 “Wisatawan asal Belanda yang hadir ternyata memiliki pertalian darah dengan Indonesia. Jadi kita anggap mereka mudik sambil bervakansi di tanah leluhurnya. Kembali, ini adalah potensi wisata yang perlu kita garap ke depannya,” ujar Bambang.

China juga menyumbang porsi terbesar dari jumlah wisatawan dengan 10,375, disusul Jepang, Korea dan Malaysia.

Tak hanya Jakarta dan Palembang, destinasi wisata di sekitar venue pertandingan pun dikunjungi oleh wisatawan.

“Top three destinasi wisata yang dituju oleh wisatawan mancanegara adalah Pulau Kemaro (Sumatera Selatan), Bali dan juga Batam. Bandung menyusul di posisi k-empat. Ini data untuk pengembangan pariwisata Indonesia melalui branding yang optimal,” ucap Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir.

Pengeluaran untuk Suvenir

Bila dipecah, wisatawan mancanegara paling banyak mengalokasikan dana mereka untuk suvenir dengan Rp655 miliar dan akomodasi atau penginapan dengan Rp521 miliar.

Erick menjelaskan bahwa dari data tersebut, impian bersama untuk mempromosikan keindahan alam dan budaya Indonesia telah mencapai langkah yang historis. Terutama suvenir yang menjadi salah satu kunci nation branding Indonesia.

“Sepenggal kisah tentang keindahan dan kearifan nusantara sudah dibawa oleh saudara-saudara kita wisatawan mancanegara. Tentunya suvenir tersebut akan pajang di rumah atau kantor mereka. Semoga dapat memancing rasa penasaran dari koleganya akan Indonesia. Kita sangat bangga mereka betah berlama-di sini. Semoga pengalaman ini dapat kita tingkatkan ke depannya demi kemajuan industri pariwisata Indonesia,” tutup Erick.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler