Ilustrasi/Curitibainenglish
Kuliner

4 Makanan Ini Tertua di Dunia

Newswire
Rabu, 17 Oktober 2018 - 18:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di dunia ini ada berbagai jenis makanan, bahkan jumlahnya lebih dari ribuan. Namun dari semua itu, ada yang sudah ditemukan sejak zaman kuno.

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu, demikian dilansir Boldsky, Rabu (17/10).

1. Wine
Wine dikenal sebagai bagian penting dalam gaya hidup romawi kuno. Berbagai bukti arkeologis membuktikan bahwa wine merupakan minuman fermentasi anggur yang sangat populer sebelum munculnya Roma.

2. Pancake
Pancake atau panekuk dikenal sebagai makanan sarapan yang disantap dengan buah-buahan, cokelat, sirup dan berbagai topping lainnya. Sejarah pancake berkaitan dengan ditemukannya mumi Otzi Si Manusia Es yang menurut laporan hidup pada tahun 3.300 sebelum masehi.

Mayatnya yang dimumikan secara alami ditemukan pada tahun 1991 di pegunungan Alpen, Italia. Para peneliti mengungkapkan bahwa makanan terakhir Otzi kemungkinan besar terdiri dari Alpine ibex atau kambing liar ibex dan daging rusa merah bersama dengan pancake gandum yang dimasak di atas api terbuka. 

3. Cokelat
Para arkeolog menemukan bukti produksi cokelat di antara orang-orang Olmec kuno di Meksiko. Ketika para ilmuwan menguji bagian dalam pot dengan theobromine kimia, mereka menemukan indikator cokelat yang sangat otentik.

4. Madu
Madu memiliki sifat antiseptik dan rasa manis yang kuat. Menurut para ilmuwan, keberadaan madu sudah ada sejak 5.500 tahun yang lalu. Para peneliti menemukan guci di sebuah makam lama yang terlupakan di Georgia dan dianggap sebagai madu tertua di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro