Malioboro Night Coffee Festival/Istimewa
Kuliner

26.200 Gelas Kopi Gratis Dibagikan di "Malioboro Night Coffee Festival"

Newswire
Sabtu, 29 September 2018 - 20:27
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Sebanyak 1,5 ton kopi disiapkan untuk memeriahkan penyelenggaraan "Malioboro Night Coffee Festival" sebagai bagian dari rangkaian Festival Jogja untuk memeriahkan ulang tahun ke-262 Kota Yogyakarta.

 "Jumlah kopi yang kami siapkan tahun ini jauh lebih banyak dibanding kegiatan yang sama tahun lalu, dengan 900 kilogram kopi," kata Ketua Panitia "Malioboro Night Coffee Festival" Anggi Dito di Yogyakarta, Sabtu (29/9/2018).

Penambahan jumlah kopi yang disiapkan panitia untuk penyelenggaraan festival kopi tersebut sebanding dengan penambahan jumlah gelas kopi yang akan dibagikan secara gratis ke masyarakat.

26.200 Gelas Kopi Gratis Dibagikan di "Malioboro Night Coffee Festival"

Pada tahun lalu, ada 10.000 gelas kopi yang dibagikan, sedangkan pada tahun ini akan ditambah menjadi 26.200 gelas kopi.

 "Malioboro Night Coffee Festival| akan digelar pada Selasa, 2 Oktober di sepanjang Jalan Malioboro dan akan diikuti sekitar 50 "tenant" kopi, komunitas seni, budayawan dan musisi di Kota Yogyakarta.

Anggi menyebut guna mengurai antrean warga yang ingin memperoleh kopi gratis, maka akan ada tiga titik penyelenggaraan festival yang bisa diakses warga yaitu di depan Malioboro Mall, di depan Hotel Mutiara 1 dan di depan Hotel Mutiara 2.

26.200 Gelas Kopi Gratis Dibagikan di "Malioboro Night Coffee Festival"

 Meskipun kegiatan utama "Malioboro Night Coffee Festival" baru akan diselenggarakan pada pukul 22.00 WIB, namun sejak pukul 20.00 WIB sudah akan diselenggarakan beberapa kegiatan pembuka acara di antaranya pentas musik orkestra.

 "Kegiatan 'ngopi bareng' ini akan dimulai pukul 22.00 WIB hingga 07.00 WIB, ditutup dengan sarapan bareng. Menunya soto," kata Anggi.

Berkaca pada pengalaman tahun sebelumnya, kegiatan festival kopi yang diselenggarakan untuk tahun ke dua diperkirakan juga akan dipadati pecinta kopi.

"Saya perkirakan bisa sampai puluhan ribu orang apalagi penikmat kopi terus bertambah. Tahun lalu, puncak kepadatan saat festival kopi terjadi sekitar pukul 01.00 WIB," katanya.

26.200 Gelas Kopi Gratis Dibagikan di "Malioboro Night Coffee Festival"

Pada tahun lalu, Anggi menyebut, persediaan kopi yang disiapkan setiap peserta seluruhnya habis, bahkan peserta kemudian menambah stok secara swadaya untuk memenuhi permintaan masyarakat yang datang.

Seperti tahun sebelumnya, komunitas kopi yang akan memeriahkan kegiatan tidak hanya berasal dari Kota Yogyakarta tetapi juga dari berbagai wilayah lain di DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat hingga Sumatera dengan menampilkan kopi khas dari daerah masing-masing.

"Misalnya saja jenis kopi Liberika dari Wonosobo, ada juga kopi Lanang dari Temanggung, serta tidak ketinggalan kopi Merapi," katanya.

Ia menambahkan, komunitas kopi tidak hanya akan menyajikan kopi "single origin" tetapi juga ada sajian kolaborasi berupa kopi susu tarik. Selama pelaksanaan "Malioboro Night Coffee Festival" Jalan Malioboro tidak akan ditutup sehingga tetap bisa dilalui kendaraan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro