Rendang/Antara
Kuliner

Festival Kuliner Indonesia di Seoul, Ini Makanan Kesukaan Orang Korea

Newswire
Senin, 17 September 2018 - 17:39
Bagikan

Bisnis.com, LONDON – Rendang dan udang bumbu Bali dari sekian menu Indonesia yang disajikan, ternyata paling banyak diminati pengunjung La Seine Restaurant, restoran bintang 5 di jantung kota Seoul, Korea Selatan, tempat Festival Kuliner Indonesia digelar selama sepekan penuh pada 9 – 15 September lalu.

Pensosbud KBRI Seoul Purno Widodo kepada Antara London, Senin (17/9/2018) mengatakan Festival juga berhasil menarik lebih dari 6.000 pengunjung selama kurun waktu tersebut.

Daniel Song, Banquet Manager Lotte Hotel Seoul, tempat La Seine Restaurant berada, mengatakan biasanya pengunjung restoran harian rata-rata hanya berjumlah 250 orang.

Ahli kuliner Indonesia, William Wongso, beserta dua asistennya secara khusus didatangkan untuk kegiatan yang didukung Kementerian Pariwisata Indonesia dan KBRI Seoul ini.

William Wongso dan tim menyiapkan menu-menu Indonesia untuk sarapan dan makan malam selama festival, antara lain lontong Cap Go Meh, soto ayam, selada bangka, ikan goreng dabu-dabu, rendang, udang bumbu Bali, dan nasi goreng kampung. Sementara untuk pencuci mulut disediakan kolak, cendol, dan carang gesing.

Menu dari tempe seperti sayur lodeh dan tempe goreng juga disajikan. Tempe saat ini bukan lagi barang asing di Korsel.

Pasangan artis Korsel yaitu Seok Young-oh dan Hong Seok yang memopulerkannya. Sebelumnya, pasangan artis tersebut belajar membuat tempe dari pengusaha tempe Indonesia di Jepang bernama Rustono. Kini pasangan artis tersebut telah membuat tempe di daerah Taean dengan produksi lebih dari 500 bungkus per harinya.

Dubes RI untuk Korsel, Umar Hadi, mengatakan Festival Kuliner Indonesia ini diselenggarakan bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Korsel pada 9-11 September 2018. Restauran tempat diselenggarakannya festival adalah restoran di hotel yang juga menjadi tempat menginap Presiden Jokowi.

Warga Korsel menggemari makanan dengan cita rasa pedas. Makanan Indonesia yang lebih kaya akan bumbu sangat mengena di lidah orang Korea. Tidaklah heran jika makanan rendang dan udang bumbu Bali menjadi favorit selama festival.

William Wongso, menceritakan pengalamannya 3 tahun lalu saat mengikuti festival yang sama di Seoul. "Sekitar 3 tahun lalu orang Korea tidak menyukai cita rasa rendang, tetapi sekarang mereka sangat menyukainya.

Untuk menarik pengunjung, di akhir festival diadakan penarikan undian. Sejumlah hadiah menarik seperti sovenir tradisional khas Indonesia, voucher makan malam di restoran di Lotte Hotel, serta hadiah utama dua tiket pulang pergi ke Bali diberikan kepada pengujung yang beruntung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro