Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

'Ledakan' Turis China, Thailand Tujuan Utama

Sedikitnya 71,3 juta turis China telah melakukan perjalanan wisata ke luar negeri hingga semester pertama 2018.
Turis asal China mengunjungi Yogyakarta./Antara
Turis asal China mengunjungi Yogyakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya 71,3 juta turis China telah melakukan perjalanan wisata ke luar negeri hingga semester pertama 2018.

China Tourism Academy (CTA), lembaga penelitian wisata yang berafiliasi dengan penyedia jasa perjalanan wisata daring Ctrip, Rabu (12/9/2018), menyebut bahwa jumlah kunjungan tersebut naik 15% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

CTA mencatat para wisatawan tersebut bertolak dari 200 kota di daratan China menuju 130 negara selama enam bulan pertama tahun ini.

Kota Xi'an mengalami pertumbuhan terpesat dalam mengirimkan wisatawan ke mancanegara selama periode tersebut, demikian thepaper.cn mengutip pernyataan CTA.

Jumlah turis yang berasal dari Ibu Kota Provinsi Shaanxi yang banyak dihuni umat Islam tersebut meningkat hingga 180%. Namun, tingkat konsumsi turis dari Changchun tertinggi dibandingkan dengan kota-kota lain di China.

Turis dari Ibu Kota Provinsi Jilin itu bisa menghabiskan 6.946 RMB atau setara Rp14,9 juta (dengan asumsi 1 RMB = Rp2.159) untuk sekali kunjungan wisata ke luar negeri.

CTA juga mencatat bahwa Thailand masih menjadi tujuan utama wisatawan China, meskipun sering terjadi kecelakaan wisata yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dari pihak wisatawan China.

Beberapa negara lain yang ramai dikunjungi wisatawan China meskipun tidak seramai Thailand antara lain Jepang, Vietnam, Korea Selatan, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Rusia.

Meledaknya pasar wisata mancanengara menandakan besarnya minat warga China untuk berpelesiran. Hal itu dipicu kebijakan belanja bebas pajak dan fasilitas bebas visa, dan beragam produk inovatif pariwisata, seperti pernyataan Kepala CTA Dai Bin yang dikutip People's Daily.

Kementerian Pariwisata RI menyadari fenomena ledakan turis China ke luar negeri itu dengan menggencarkan promosi pariwisata Nusantara melalui pameran di berbagai kota di daratan China.

Pada tahun ini, pemerintah Indonesia menargetkan tiga juta kunjungan wisatawan China. Pada tahun lalu target 2,5 juta wisatawan China sedikit meleset karena terdampak letusan Gunung Agung di Bali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler