Keindahan sunset di Pantai Laendra di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah./Antara-Aji Styawan
Travel

Menikmati Eloknya Matahari Tenggelam di Pantai Laendra, Karimunjawa

M. Syahran W. Lubis
Selasa, 24 Juli 2018 - 14:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jawa Tengah punya objek wisata baru yang pantas mengundang keinginan untuk mengunjunginya. Namanya Pantai Laendra yang terdapat di Desa Kemujan, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

Pantai berpasir putih ini dikelola oleh warga setempat keturunan suku Bugis yang datang dari Sulawesi Selatan, yang kakek-nenek mereka telah datang ke Kepulauan Karimunjawa pada ratusan tahun silam.

Keberadaan Pantai Laendra tepatnya di kepulauan wisata bahari Karimunjawa berlokasi 22 kilometer ke arah utara dari pusat alun-alun Karimunjawa.

Di tepi Laut Jawa, para wisatawan dapat menikmati suasana sunset (matahari terbenam) dengan begitu leluasa dan bakal meninggalkan kesan mendalam tak terlupakan.

Belakangan pun, memang Pantai Laendra menjadi destinasi baru wisatawan untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam.

Karimun Jawa merupakan kepulauan yang berada di utara Jateng dan kerap kali dijuluki sebagai The Paradise of Java. Total luas daratannya sekitar 78 km2.

Menikmati Eloknya Matahari Tenggelam di Pantai Laendra, Karimunjawa

                 Keindahan Karimunjawa ketika matahari tenggelam. – Antara/Aji Styawan

Secara keseluruhan terdapat 27 pulau di Karimunjawa, dengan lima yang terbesar dan berpenghuni yakni Pulau Karimunjawa, Kemujan, Nyamuk, Parang, dan Genting.

Selain suku Jawa dan Bugis, penduduk di kepulauan ini juga cukup banyak yang berdarah Madura.

Untuk menikmati keindahan Karimunjawa bisa dicapai melalui jalur udara melalui Bandara Ahmad Yani Semarang. Beberapa penerbangan komersial yang melayani rute A. Yani ke Bandara Dewadaru di Pulau Kemujan yakni Susi Air, Wings Air, dan terakhir NAM Air.

Jalur darat dari Semarang, pengunjung bisa melalui berangkat dari Terminal Terboyo ke Jepara dengan lama perjalanan sekitar 90 menit.

Dari Jepara, wisatawan bisa menggunakan beberapa kapal dari Pelabuhan Kartini seperti KPM Muria dengan tarif mulai Rp40.000, Cantika 89 mulai Rp89.000, atau KMC Kartini dengan tarif mulai Rp143.000 per penumpang per trip. Lama perjalanan berkisar antara 4 jam hingga 4,5 jam.

Ketika berada di Karimunjawa, akomodasi dan transportasi tidaklah terlalu sulit. Terdapat belasan hotel dengan kisaran tarif Rp200.000 hingga Rp500.000 dan itu sudah cukup nyaman.

Transporasi di kepulauan itu juga tidak sulit. Yang paling mudah ada becak yang bisa mudah ditemui dengan tarif terjangkau. Ojek pun cukup banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Antara & berbagai sumber
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro