Suasana di kompleks pemakaman Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu (16/6/2018)./Bisnis-Tim Jelajah Jawa Bali 2018
Travel

JELAJAH JAWA BALI 2018: Wisata Kebangsaan, 5.000 Orang Kunjungi Makam Bung Karno

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Sabtu, 16 Juni 2018 - 21:49
Bagikan

Bisnis.com, BLITAR - Jangan sekali-kali melupakan sejarah atau Jasmerah adalah salah satu pidato terkenal dari Bung Karno yang sangat melekat di pikiran masyarakat.

Kali ini Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa Bali 2018 berkunjung ke makam Bung Karno di Kawasan Wisata Kota Blitar untuk mengingat kembali atas perjuangan sang proklamator merebut kemerdekaan Indonesia.

Kawasan wisata ini sangat kental akan hawa pembangkit nasionalisme masyarakat.

Terlihat sebelum memasuki kawasan wisata makam banyak pedagang yang menjual cendera mata dengan tema Bung Karno. Mulai dari baju, lukisan, gantungan kunci, hingga tas.

Banyak pengunjung dari anak kecil hingga lanjut usia berkunjung sekedar untuk ziarah, foto, dan mendalami sejarah Bung Karno di dalam perpustakaa.

Kawasan wisata Kota Blitar dibanderol harga Rp3.000 per orang yang sudah termasuk kunjungan ke dalam makam Bung Karno, Istana Gebang atau rumah kediaman Bung Karno, dan Perpustakaan kawasan wisata kota Blitar.

Staff Kawasan Wisata Kota Blitar Wahyu mengatakan kenaikan jumlah pengunjung saat lebaran naik dua kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

"Kami prediksi seperti tahun-tahun sebelumnya, H+4 lebarang pengunjung makam bisa mencapai 5.000 pengunjung," ujar Wahyu kepada Bisnis.com, Sabtu (16/8/2018).

Umumnya, total pengunjung makam Bung Karno mencapai 1.500 per hari dengan mayoritas pengunjung adalah jamaah berasal dari Tangerang dan Jawa Tengah.

"Kalau lagi momen Lebaran seperti ini, mayoritas pengunjung berasal dari Jawa Timur dan Jakarta, mereka sekalian mudik sekalian mampir banyaknya begitu,". Paparnya.

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ana Noviani
Sumber : tim jelajah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro