Geopark Ciletuh-Palabuhanratu/Istimewa
Travel

UNESCO Tetapkan Ciletuh Pelabuhanratu Jadi Global Geopark

JIBI
Senin, 16 April 2018 - 12:12
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan mengatakan, kawasan geopark Ciletuh Pelabuhanratu ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark.

"Dua hari lalu kita dapat kabar dari Sidang UNESCO di Paris, Prancis. UNESCO sudah bersepakat menetapkan beberapa geopark di dunia," kata Aher, sapaan Ahmad Heryawan.

Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu mendapat pengesahan sebagai bagian dari jaringan Global Geopark bersama 12 geopark lainnya dalam salah satu sidang komisi di Executive Board Unesco ke-204 di Paris, Prancis pada 14 April 2018.

Kabar itu diperoleh Aher dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi yan gmengikuti sidang pengesahan tersebut.

Aher mengumumkan pengesahan UGG Ciletuh-Palabuhanratu saat membuka Fun Day Towards UNESCO Global Geopark di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (15/4/2018).

UNESCO Tetapkan Ciletuh Pelabuhanratu Jadi Global Geopark

Dalam sidang UNESCO tersebut dua geopark di Indonesia mendapat pengesahan sebagai UNESCO Global Geopark yakni Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dan Geopark Rinjani di Nusat Tenggara Barat.

“Dua di antaranya dari Indonesia,” kata dia.

Aher mengatakan, pengesahan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu masuk dalam jaringan Geopark Dunia itu relatif cepat. Kawasan Ciletuh-Palabuhanratu sendiri ditetapkan sebagai geopark nasional belum lama.

“Tiga tahun lalu Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ditetapkan sebagai Geopark Nasional oleh pemerintah pusat dan langsung kita ajukan pada UGG (UNESCO Global Geopark),” kata dia.

Aher mengatakan, sertifikat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dalam jaringan UGG itu akan diserahkan pada September 2018 nanti.

“Keputusannya sudah ada, sertifikatnya akan diberikan secara bersama-sama di Portugal.”

UNESCO Tetapkan Ciletuh Pelabuhanratu Jadi Global Geopark

Komitmen

Dengan penetapan itu, Aher meminta komitmen semua pihak untuk memelihara Geopark Ciletuh-Palabuanratu yang juga ditetapkan Pemerintah Jawa Barat sebagai destinasi wisata unggulan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menggelontorkan Rp 96 miliar pada 2016 untuk membangun jalan dari pintu masuk kawasan geopark itu sejak dari Waluran. Pada 2017 pembangunan jalan dilanjutkan dari pintu masuk Loji menuju kawasan geopark dengan anggaran menembus Rp 217 miliar.

Tahun ini Pemerintah Jawa Barat menambah lagi Rp 90 miliar untuk membangun jalan menuju kawan geopark tersebut dari arah Paltiga.

Aher mengatakan, pemerintah pusat juga sudah menyiapkan pembangunan bandara Sukabumi untuk menyokong Geopark Ciletuh-Palabuhanratu.

“Termasuk pembangunan bandara di Sukabumi, karena salah satu syarat geopark internasional itu, harus ada bandara dekat geopark dengan jarak tempuh maksimal tiga jam perjalanan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro