Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo./tripadvisor
Travel

Jumlah Pengunjung Pantai Glagah di Kulon Progo Meningkat

Newswire
Senin, 16 April 2018 - 06:54
Bagikan

Bisnis.com, KULON PROGO - Jumlah pengunjung objek wisata Pantai Glagah di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkat sejak pemberlakuan satu pintu karena dua pintu objek itu ditutup untuk pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport.

Koordintor Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah Agus Subiyanto di Kulon Progo, Senin (16/4/2018), mengatakan dua pintu masuk objek wisata yang ditutup, yakni Sangkertan dan Logede.

"Sejak Sangkertan dan Logede ditutup jumlah pengunjung meningkat. Hal ini dikarenakan pengunjung terpantau dan potensi wisatawan tidak membayar retribusi kecil," kata Agus.

Kunjungan wisatawan Pantai Glagah yang melewati pintu masuk utama bisa mencapai 5.746 per minggu. Sebelum ditutup, jumlah pengunjung hanya sekitar 1.000 sampai 2.000 orang khusus hari libur.

"Hampir 90 persen pengunjung Pantai Glagah bisa terjaring karena hanya bisa melewati pintu masuk utama," katanya.

Bendahara Retribusi Objek Wisata Dinas Pariwisata Kulon Progo Ruri Atmini mengatakan dua pintu masuk objek wisata Pantai Glagah tertutup untuk umum.

"Untuk kunjungan wisata ke Pantai Glagah hanya bisa melewati pintu masuk utama saja. Kalau untuk jumlah kunjungan sebenarnya pengunjung tidak banyak berubah dengan sebelumnya," kata Ruri Atmini.

Anggota Komisi IV DPRD Kulon Progo Sihabudin meminta Pemkab Kulon Progo mengembangkan objek wisata selain Pantai Glagah karena sampai saat ini statusnya masih digantung oleh PT Angkas Pura I.

Menurutnya, berdasarkan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) kawasan Pantai Glagah sampai Congot tidak boleh digunakan untuk umum.

"Pemkab jangan puas dengan kondisi pengunjung saat ini. Pemkab harus mengembangkan objek lain mengantisipasi Pantai Glagah ditutup," harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro