Burgushi/Istimewa
Kuliner

Menabrakkan Sushi dan Burger

Wike Dita Herlinda
Minggu, 15 April 2018 - 20:54
Bagikan

Beberapa tahun belakangan tren kuliner dunia didominasi oleh menu diet sehat dan sajian otentik khas suatu daerah atau negara tetapi penggemar penganan fusion di Indonesia masih belum menyusut.

Terbukti, banyak restoran penjaja makanan fusion yang memadukan menu khas dari dua atau lebih negara yang berbeda semakin berjamuran di berbagai kota. Salah satu yang sedang naik daun adalah Burgushi, yang berlokasi di daerah Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Destinasi kuliner satu ini kental dengan karakter sajian fusion yang mengombinasikan aneka sajian populer Jepang dengan kepraktisan makanan cepat saji ala Amerika. Salah satu menu yang paling populer adalah burger sushi.

Menu andalan itu pula yang menjadi inspirasi di balik nama Burgushi, yang merupakan kependekan dari burger dan sushi. Sesuaidengan namanya, menu unik ini cocok bagi para penggemar kedua makanan cepat saji paling terkenal di dunia itu.

Jika Anda penasaran seperti apa burgushi, salah satu menu wajib coba di restoran ini adalah salmon mentai burgushi. Terinspirasi dari salah satu jenis sushi paling populer, menu ini mengubah konsep tradisional sushi yang disajikan dengan menggulung hasil laut ke dalam nasi yang telah diuleni dengan rice vinegar dan lembaran rumput laut alias nori.

Alih-alih, salmon mentai di Burgushi disajikan dengan menggunakan setangkap rice cake yang digoreng setelah dilumuri dengan tepung panko. Rice cake goreng ini merupakan pengganti burger bun atau roti yang biasa digunakan untuk hamburger.

Di antara sepasang rice cake goreng itu ditata dengan cantik aneka sayuran yang biasa digunakan pada sushi, seperti zucchini, kol, serta wortel yang telah diiris tipis-tipis dan diuleni dengan cuka. Lantas, di atasnya diberi irisan daging salmon mentah segar seperti sashimi.

Sebagai pelengkap, saus mayones pedas dituang di atas tumpukan sayur dan irisan salmon. Uniknya, saus permukaan saus tersebut dipanggang dengan menggunakan flame torch untuk menambah aroma dan cita rasa.

Setelah itu, tumpukan ditutup dengan selembar rice cake goreng lagi, sehingga sajian ini terlihat seperti roti sandwhich yang menggugah selera. Sebagai pelengkap, burger sushi ini dihidangkan bersama selembar nori nan gurih.

Selain salmon mentai, burger sushi yang juga laris manis di restoran ini adalah beef double burgushi. Konsepnya mirip dengan salmon mentai burgushi, hanya saja isiannya terdiri dari bahan-bahan ala Barat seperti irisan steak dan keju panggang yang meleleh saat digigit.

Tidak hanya menjual burger sushi sebagai menu andalan yang tengah populer di kalangan generasi muda, restoran ini menawarkan aneka menu gyudon alias mangkuk nasi ala Jepang dengan harga yang relatif terjangkau.

Aneka menu burger pun menjadi magnet lain dari restoran ini. Dengan menggunakan burger bun layaknya burger yang disajikan di banyak restoran cepat saji, restoran ini mengganti isiannya dengan aneka sajian khas Jepang.

Misalnya, burger tuna aburi alias burger dengan isian daging tuna yang permukaannya dipanggang dengan flame torch, serta disajikan dengan jamur enoki goreng yang menambah tekstur renyah yang menyeimbangkan empuknya daging tuna dan roti burger.

Menu burger unik lainnya, seperti karage tamago burger yang terdiri atas daging ayam goreng tepung tanpa tulang dan irisan telur dadar, beef wakame burger yang terdiri atas patty daging, keju lumer, chukka wakame, cincin bawang, dan teriyaki mayo. Ada juga wagyu steak burger yang terdiri atas irisan daging wagyu, telur mata sapi, keripik bawang, dan salad dengan dressing wafu yang khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro