Wisatawan mancanegara menikmati wisata gua di Kalisuci Cave Tubing, Desa Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Kamis (14/9)./ANTARA-Hendra Nurdiyansyah
Travel

Pameran Wisata Vietnam, Bali dan Yogyakarta Terfavorit

Newswire
Sabtu, 31 Maret 2018 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, HANOI - Bali dan Yogyakarta masih menjadi destinasi wisata terfavorit bagi pengunjung pameran wisata "Vietnam International Travel Mart (VITM) 2018", yang digelar pada 29 Maret-1 April 2018 di Hanoi International Center for Exhibition, Vietnam.

"Umumnya pengunjung menyatakan tertarik untuk mendatangi Bali, Yogyakarta, baru kemudian destinasi daerah lainnya di Indonesia," kata Manager Marketing Lisa Tour & Travel, Dahliana Ginting di Hanoi, Sabtu (31/3/2018).

Lisa Tour & Travel salah satu dari 12 biro perjalanan wisata Indonesia yang difasilitasi Kementerian Pariwisata untuk mengikuti pameran di VITM 2018.

Menurut Lisa, hingga hari ke tiga pelaksanaan pameran, pengunjung antusias menggali informasi terkait destinasi-destinasi di Indonesia yang kelak akan dikunjungi.

Ia menjelaskan, pengunjung didominasi agen perjalanan wisata Vietnam, kemudian mahasiswa, keluarga maupun dari kalangan pekerja.
"Umumnya mereka ingin bepergian ke Indonesia secara berkelompok," kata Dahliana.

Sementara itu, Marketing Manager ATA Travel Services, Nuning Dwijayaningsih, mengatakan, salah satu kendala bagi turis Vietnam untuk melancong ke Indonesia adalah terkait aksesibilitas penerbangan.

Hingga kini belum ada penerbangan langsung dari Hanoi, Ho Chi Minh City ke Bali, Yogyakarta, sehingga harus terlebih dahulu transit di Jakarta atau Singapura.

"Ini yang menjadi kendala dan banyak dikeluhkan calon wisatawan, karena tidak efisien dari sisi biaya maupun waktu," ujar Nuning.

Untuk menyiasatinya, para jasa travel menawarkan berbagai paket promosi yang memadukan biaya penerbangan, akomodasi hotel dan perjalanan selama di lokasi wisata.

Lisa Tour and Travel misalnya, menyediakan paket Lombok Tour selama 4 hari 3 malam, mulai dari 270 dolar AS per orang, di luar ongkos pesawat.

Ata Destinasi Asia menawarkan paket Bali - Yogyakarta selama 5 hari 4 malam seharga mulai dari 370 dolar AS per orang diluar ongkos penerbangan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Area IV untuk wilayah Indochina, Kementerian Pariwisata, Heri Hermawan, mengatakan potensi wisatawan asal Vietnam terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan ekonomi negara tersebut yang selalu di atas 6 persen dalam 10 tahun terakhir.

"Ini pasar yang harus kita rebut. Selama ini turis Vietnam lebih memilih Singapura, China, Hong Kong, Jepang dan Korea karena faktor keterbatasan penerbangan ke Indonesia. Padahal destinasi wisata di Indonesia jauh lebih baik dibanding negara-negara lainnya," kata Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro