Pantai Cemara di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi./http://disbudparpora.tanjabtimkab.go.id
Travel

Setahun, Abrasi Pantai Cemara 25 Meter

Newswire
Selasa, 13 Maret 2018 - 18:03
Bagikan

Bisnis.com, JAMBI - Organisasi lingkungan Perkumpulan Gita Buana menyatakan kawasan pesisir Pantai Cemara di Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi terus mengalami abrasi mencapai sepanjang 25 meter per tahun.

"Abrasi tersebut terutama terjadi di bibir pantai sepanjang 30 kilometer dari Desa Sungai Itik hingga Desa Sungai Cemara. Kawasan pantai itu mengalami abrasi sepanjang 25 meter per tahun," kata Ketua Perkumpulan Gita Buana, Taufik Hidayat di Jambi, Selasa (13/3/2018).

Letak geografis Pantai Cemara yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Berbak Sembilang (TNBS) di Tanjungjabung Timur itu berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan, sehingga gelombang air yang kuat akan menerjang ke arah pantai akan menjadi lebih kencang, terutama terjadi pada bulan November hingga Februari setiap tahunnya.

Ancaman abrasi tersebut jika tidak dicegah, maka desa-desa di sekitarnya itu akan hilang dan menjadi bagian dari laut. Seperti desa-desa yang berada di sekitar Desa Cemara yang kini telah ditinggalkan oleh penduduk karena tergerus abrasi.

Taufik mengatakan guna mengantisipasi terus terjadinya abrasi, beberapa pihak telah melakukan berbagai upaya penanggulangan dengan melibatkan masyarakat setempat.

Setahun, Abrasi Pantai Cemara 25 Meter


Berdasarkan data statistik pada Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, yang menyebutkan panjang garis pantai di wilayah timur Provinsi Jambi mencapai 221 kilometer di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Penanggulangan Abrasi Penanggulangan abrasi itu kata taufik telah sejak tahun 2006 lalu. Dan upaya penanggulangan itu terus dilakukan hingga saat ini dengan menggunakan metode yang sesuai kondisi wilayah masing-masing.

Upaya penanggulangan itu dilakukan melalui penanaman mangrove, seperti yang telah dilakukan di beberapa desa di Kecamatan Sadu, yakni Desa Remau Baku Tuo, Desa Air Hitam Laut dan Desa Sungai Cemara.

Sebanyak 30.000 bibit bakau (rhizophora apiculata), api-api (avecienna marina) dan pidada (sonneratia sp) telah ditanam di sepanjang pantai di desa-desa tersebut sejak Juni 2017 dengan tingkat keberhasilan mencapai 70 persen.

Setahun, Abrasi Pantai Cemara 25 Meter


Sedangkan untuk jenis bakau lainnya ditanam sebanyak 15.000 batang pada bulan Juni 2017, kemudian Pidada sebanyak 3.000 batang pada Oktober 2017, dan Api-api sebanyak 9.000 batang pada September 2017.

"Terkait metode-metode penanggulangan yang digunakan, kami melibatkan ahli-ahli restorasi dari perguruan tinggi lokal dan nasional, dan termasuk juga melibatkan pemerintah desa, kelompok konservasi dan masyarakat desa setempat," kata Taufik menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro