Menpar Arief Yahya Naik Andong di Gebyar Pesona Budaya Garut

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menaiki andong atau delman dari SMA Negeri 1 Garut menuju Lapangan Ciateul untuk membuka acara Gebyar Pesona Budaya Garut 2018, Kamis (22/2/2018), Jawa Barat.
Newswire | 22 Februari 2018 09:43 WIB
Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi paparan dalam seminar Penguatan Daya Saing Indonesia pada Perekonomian Global, di Jakarta, Selasa (30/1/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menaiki andong atau delman dari SMA Negeri 1 Garut menuju Lapangan Ciateul untuk membuka acara Gebyar Pesona Budaya Garut 2018, Kamis (22/2/2018), Jawa Barat.

Arief tiba di lokasi pembukaan festival budaya tersebut pada pukul 09.00 WIB. Arief yang mengenakan pakaian adat Sunda, beskap, dengan nuansa hitam, disambut dengan tarian penyambutan setempat dan penampilan marawis.

Lapangan Ciateul telah didekorasi dengan warna biru tua, biru muda dan kuning telah dipenuhi oleh masyarakat setempat untuk menyambut kedatangan Menteri Arief.

Festival budaya yang diadakan pada 20-27 Februari 2018 tersebut juga menjadi bagian dalam merayakan Hari Jadi Kabupaten Garut ke-205.

Acara itu juga menjadi momentum untuk mempromosikan potensi pariwisata Garut.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mendukung dan mengapresiasi acara tersebut sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pariwisata daerah dan masyarakat.

Gebyar Pesona Budaya Garut ke-16 itu mengangkat tema "Gawe Rancage Mawa Karaharjaan" (Kerja Bersama Menuju Kesejahteraan).

Acara tersebut masuk dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2018 yang menjadi salah satu daya tarik untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dan meningkatkan ketertarikan wisatawan nusantara untuk berwisata di Tanah Air.

Gebyar pesona budaya itu dimeriahkan dengan berbagai penampilan dan pertunjukan menarik antara lain prosesi budaya yang menampilkan perwakilan dari tujuh provinsi dan 10 kabupaten kota se-Indonesia, dan para penampil dari20 komunitas seni dan budaya, sembilan masyarakat adat, perwakilan dari kecamatan dan desa seluruh kabupaten Garut.

Kemudian, pertunjukan Rampak Silat Bambu Runcing akan menampilkan 700 pendekar dari 29 padepokan silat.

Sebagai bagian dari gebyar pesona budaya itu, Festival Garut Auto Expo akan diadakan di Anarto Mall Garut pada 1-3 Maret 2018 yang diikuti seluruh komunitas otomotif dan mobil antik se-Indonesia. Pemecahan rekor yang diberikan Original Rekor Indonesia berupa "Sangkar Burung" terbesar di dunia juga akan digelar.

Tag : garut
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top