Gunung Agung dari Pos Rendang, 6 Desember 2017 pukul 05:39 WITA./Istimewa
Travel

Bali Bisa Tiru Yogyakarta, Musibah Erupsi Jadi Potensi Wisata

Ni Putu Eka Wiratmini
Sabtu, 10 Februari 2018 - 07:08
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali Causa Iman Karana mengatakan aktivitas Gunung Agung memiliki potensi pariwisata yang besar, layaknya Gunung Merapi di Yogyakarta.

Menurutnya, Yogyakarta memiliki tipikal wilayah yang sama dengan Bali, yakni menjadi tujuan wisata hingga sama-sama memiliki Gunung berapi.

Kehidupan masyarakat Yogyakarta sendiri pernah terimbas bencana erupsi Gunung Merapi. Dampaknya tidak hanya korban jiwa maupun harta benda, ternyata juga melahirkan potensi wisata baru bagi provinsi ini.

Bali bisa saja meniru Yogyakarta jika misalnya Gunung Agung mengalami erupsi.

"Bukan berarti mengharapkan terjadi bencana, namun kita melihat bencana bisa saja menjadi peluang," katanya dalam acara Lokakarya Kehumasan dan Kebanksentralan Bank Indonesia Perwakilan Bali di Yogyakarta, Jumat (9/2/2018).

Adapun saat ini, Yogyakarta menghadirkan Merapi Lava Tour. Wisatawan diajak berkeliling kawasan terdampak erupsi Merapi menggunakan mobil jeep. Mobil ini bisa menampung setidaknya hingga 4 wisatawan.

Lokasi wisata yang dapat dikunjungi mulai dari Museum Sisa Hartaku, Bunker Kaliadem, Batu Wajah atau Batu Alien, hingga trek basah Kalikuning. Sekali melakukan perjalan wisata ini, wisatawan bisa merogoh kocek hingga Rp500 ribu per jeep.

Pelaku wisata di Yogyakarta tidak hanya menjual lokasi-lokasi terdampak sebagai objek wisata, juga peristiwa di balik kejadian ini.

"Di Bali Gunung Agung terdampak yang cukup parah mudah-mudahan bisa recovery," sebutnya. 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro