Suasana di Takayama/Bisnis-Annisa Sulistyo Rini
Travel

Takayama Hadirkan Wisata Halal

Annisa Sulistyo Rini
Minggu, 21 Januari 2018 - 22:35
Bagikan

Bisnis.com, TAKAYAMA--Kota Takayama menawarkan wisata halal untuk menarik lebih banyak wisatawan muslim terutama dari Malaysia, Indonesia, dan negara muslim lainnya.

Eiji Maruyama, Executive Director Overseas Marketing Strategi Division City of Takayama, mengatakan pemerintah kota Takayama telah memulai program wisata halal ini sejak 15 tahun yang lalu.

Beberapa fasilitas halal yang ditawarkan antara lain tempat ibadah dan berwudhu, menu halal, pemandian air panas, serta souvenir yang bebas dari kandungan babi.

"Wisata halal kami tawarkan agar semua wisatawan dapat menikmati kunjungan di Takayama," ujarnya Minggu (21/1/2018).

Negara-negara muslim yang disasar pemerintah kota Takayama antara lain Malaysia, Indonesia, dan negara-negara kawasan Timur Tengah.

Saat ini, kontribusi kunjungan wisatawan asal negara Asean belum terlalu besar dibandingkan negara lainnya.

Taiwan menjadi negara dengan kontribusi wisatawan terbesar yang mengunjungi Takayama, yaitu sebesar 19%, disusul Hongkong 13%, dan Thailand 8%. Singapura menyumbang 3% dan Malaysia sebesar 2%, sedangkan kontribusi kunjungan wisatawan Indonesia ke Takayama masih di bawah 1%.

Pada 2016 total wisatawan yang berkunjung ke kota ini tercatat sebesar 4,5 juta orang, sebanyak 461.000 orang berasal dari luar Jepang. Konsumsi turis di Takayama pada tahun yang sama tercatat senilai 100 miliar yen.

"Dahulu banyak wisatawan dari Eropa dan Amerika Serikat, sekarang yang dari Asia mengalami lonjakan," ujar Eiji.

Sebagai informasi, Takayama terletak di Prefektur Gifu dan dikelilingi oleh pegunungan. Kota ini juga dikenal dengan nama Hida Takayama dan dijuluki Little Kyoto.

Kota Takayama terkenal dengan festival Takayama Matsuri yang digelar setiap musim semi dan musim gugur. Selain itu, terdapat pula perkampungan dengan rumah-rumah bergaya tradisional berusia lebih dari 100 tahun.

Para wisatawan bisa mengunjungi pasar pagi Miyagawa yang terletak tepat di tepi sungai dengan nama yang sama. Pasar ini buka setiap hari dari pukul 7 pagi pada April hingga Desember hingga siang dan pukul 8 pagi hingga siang hari pada Januari-Maret.

Di pasar ini dapat ditemui bermacam makanan dan hasil pertanian Takayama. Daging sapi Hida Beef sangat terkenal di sini.

Takayama juga memiliki beberapa program promosi untuk mengenalkan wisatanya lebih luas, antara lain dengan menjalin hubungan dengan pemerintah kota lain seperti Denver di Amerika Serikat, Lijiang di China, Sibiu di Romania, Urubamba di Peru, dan lainnya.

"Kami juga giat berpromosi dengan website yang tersedia dalam 11 bahasa. Wi-Fi gratis kami sediakan pula untuk para wisatawan," lanjut Eiji.

Untuk mencapai Hida Takayama, para wisatawan dapat menggunakan kereta dan bus dari Tokyo, Osaka, maupun Kyoto. Lama perjalanan dari Tokyo ke Takayama yaitu 4 jam dengan kereta dan 5 jam 30 menit dengan bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro