Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Turis Australia Mulai Salip Turis China di Bali

Wisatawan asal Australia mulai mendominasi jumlah penumpang internasional yang memasuki Bandara Ngurah Rai, dan menyalip penumpang asal China.
Turis China/marketingtochina
Turis China/marketingtochina

Bisnis.com, MANGUPURA - Wisatawan asal Australia mulai mendominasi jumlah penumpang internasional yang memasuki Bandara Ngurah Rai, dan menyalip penumpang asal China.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim mengatakan perubahan ini terjadi sejak 21 Desember 2017. Namun, untuk jumlah pasti berapa penumpang asal Australia dan China pihaknya masih menunggu perhitungan hingga pertengahan Januari.

Dia memastikan, walaupun travel warning ke Bali dicabut Pemerintah China, tapi masih banyak penumpang asal negara tersebut yang membatalkan penerbangan ke Bali. Saat ini, ada 3 maskapai yang sudah memfasilitasi penerbangan langsung dari China menuju Bali yakni Eva Air, Garuda Indonesia, dan China Airlines.

Rata-rata load factor atau keterisian penumpang masing-masing pesawat hanya mencapai 60% padahal biasanya terisi penuh.

Selain itu, pengajuan pesawat charter dari China ke Bali juga belum ada hingga saat ini. Padahal, pada hari normal bisa tercatat hingga 10 frekuensi selama periode Februari sampai April.

"Yang jelas belum ada official letter penerbangan langsung," katanya, Selasa (9/1/2018).

Jelang perayaan Imlek pada Februari 2018, pergerakan penumpang asal China diharapkan mulai meningkat jumlahnya. Harapan ini berdasarkan pengalaman sebelumnya, yakni setiap perayaan Imlek, jumlah penumpang China terus meningkat.

"Kita akan mengamati terus pergerakan mulai Januari,apakah memutuskan liburan penumpang ke Bali," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler