Komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, akan menggelar festival seni dan budaya, Festival Samin, pada 22 Desember./www.bojonegorokab.go.id
Travel

Bojonegoro Gelar Fesival Samin

Newswire
Selasa, 19 Desember 2017 - 11:20
Bagikan

Bisnis.com, BOJONEGORO - Komunitas Samin di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, akan menggelar festival seni dan budaya, Festival Samin, pada 22 Desember.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro Suyanto di Bojonegoro, Selasa (19/12/2017), menjelaskan Festival Samin yang diprakarsai oleh warga itu akan diawali dengan sarasehan di Balai Budaya Samin pada 21 Desember malam.

Sarasehan itu, menurut dia, akan membahas prinsip hidup dan perjuangan Ki Samin Surosentiko dalam melawan penjajahan kolonial Belanda.

"Warga dan pihak luar harus tahu bahwa samin bukan mengandung konotasi 'nyamin' atau acuh tak acuh," kata dia.

"Kegiatan juga akan diisi kesenian reog jaran kepang juga karawitan Samin Laras yang semuanya dilakukan warga di komunitas Samin," jelas Suyanto.

Dikatakan, akan ada pentas drama Samino-Samini, tari Thengul, serta pagelaran Wayang Thengul.

"Ada kegiatan arak-arakan warga dengan tema Wayah Samin yang akan dipimpin Bambang putra Hardjo Kardi trah Samin Surosentiko," tambah Suyanto.

Festival Samin akan diagendakan setahun sekali untuk menambah agenda pariwisata berbasis budaya di Bojonegoro dalam usaha menarik wisatawan dari dalam mau pun luar daerah.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro