Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2018, Kemenpar Gencar Promosi untuk Capai Target 17 Juta Wisman

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata IV-2017 untuk memperkuat sinergi dalam mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta pada 2018.
Keindahan alam laut Wakatobi/Antara
Keindahan alam laut Wakatobi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata IV-2017 untuk memperkuat sinergi dalam mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 17 juta pada 2018.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mengoptimalkan kegiatan promosi dan penjualan paket-paket wisata menarik di 19 destinasi unggulan di Tanah Air.

Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata (Rakornas Pariwisata) IV-2017 akan membahas program Calendar of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 dan sinkronisasi dengan industri pariwisata yang dikemas dalam Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018.

“Kami menyiapkan CoE WI dan paket tour VIWI 2018 yang ada di 19 destinasi unggulan yang paling siap dalam mendatangan wisatawan mancanegara [wisman] ke Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di sela pembukaan Rakornas, Selasa (12/12/2017).

Sebanyak 19 destinasi tersebut tersebar di Sumatera (Medan/Danau Toba, Batam, Belitung, Padang, dan Pelembang), Pulau Jawa (Jakarta, Bandung, Borobudur/Yogyakarta,Solo, Subaya-Bromo-Tengger, dan Banyuwangi), Kalimantan (Balikpapan),Bali, Nusa Tenggara Barat (Lombok), Sulawesi (Makassar/Wakatobi dan Manado), dan Papua Barat (Raja Ampat).

Arief mengungkapkan persiapan pelaksanaan CoE WI dan paket tur VIWI 2018 melibatkan dukungan semua stakehoder pariwisata sebagai upaya memperkuat unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas), khususnya untuk penjualan paket-paket wisata yang banyak melibat industri pariwisata maupun perusahaan airlines.

“Dengan semangat kebersamaan kita akan wujudkan dalam program paket VIWI normal atau paket VIWI hot deal 2018,” ucapnya.

CoE WI 2018 antara lain mempersiapkan 100 premier event, di antaranya dua kegiatan besar yaitu Asian Games dan Annual Meeting IMF-WB.

Guna menyambut kehadiran puluhan ribu atlet, official, dan suporter dari 45 negara di ajang Asian Games di Jakarta dan Palembang, Kemenpar bersama industri pariwisata dan dinas pariwisata daerah menyiapkan paket wisata (pre-on-post event) di sejumlah destinasi antara lain Palembang, Banten, Bandung, Bali, dan Lombok.

Begitu juga untuk menyambut pertemuan IMF-World Bank (Annual Meeting IMF World Bank) di Bali pada Oktober 2018 dengan 15.000 delegasi dari 189 negara anggota yang terdiri dari para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral telah disiapkan 60 paket wisata untuk mempromosikan destinasi Bali dan 6 destinasi Bali beyond yakni Lombok, Komodo, Yogyakarta, Tana Toraja, Danau Toba dan Banyuwangi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler