Wisatawan menyaksikan kompetisi perahu tradisional untuk memeriahkan Sanur Village Festival 2017 di Pantai Segara Ayu, Sanur, Bali, Rabu (9/8)./ANTARA-Nyoman Budhiana
Travel

Bali Rumah Kedua Turis Australia

Newswire
Senin, 11 Desember 2017 - 09:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bali masih menjadi tujuan favorit wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia bahkan banyak di antara mereka yang sudah menganggap Pulau Dewata sebagai rumah kedua.

"Australia masih merupakan pasar pariwisata Indonesia yang luar biasa karena 90 persen perjalanan masyarakat Australia itu ke Bali," kata Country Manager Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) di Melbourne Emil Hardy Ridwan di Melbourne, Senin (11/12/2017).

Tercatat tiga besar tujuan bepergian masyarakat Australia tertinggi yakni ke Selandia Baru, Bali, dan Amerika Serikat. Namun, untuk tujuan Selandia Baru, kata dia, sebagian besar untuk kepentingan kunjungan keluarga dan relasi (visiting family and relatives tourism).

"Jadi untuk tujuan wisata, Bali masih menjadi favorit utama mereka," katanya.

Bahkan, saat Bandara Ngurah Rai di Bali sempat ditutup pada 26-27 Desember 2017 akibat peningkatan aktivitas Gunung Agung, tidak membuat wisman Australia khawatir.

"Terutama mereka yang muda-mudi, independen traveler, mereka cuek. Meskipun untuk yang segmen yang sudah keluarga banyak yang menahan diri untuk sementara tidak ke Bali," kata Emil.

Fakta lain, kata Emil, maskapai yang berbasis di Melbourne Jetstar menambah frekuensi penerbangan ke Denpasar dari tujuh kali sepekan menjadi 12 sepekan pada siang hari.

"Ternyata permintaan masih sangat tinggi sehingga mereka ingin terus menambah frekuensi penerbangan dari Melbourne dan Sydney tapi kapasitas bandara di Bali tidak mampu memenuhi demand yang tinggi tersebut," ujar Emil.

Hal itu menurut Emil merupakan potensi pasar yang besar yang harus terus dipertahankan oleh Indonesia.

Namun pada saat kondisi Bali belum sepenuhnya kembali stabil, ia berupaya untuk melakukan promosi pariwisata Indonesia dengan strategi bertahan demi menghadapi serbuan kompetitor yang juga gencar mempromosikan pariwisatanya di pasar Australia di antaranya AS dan Jepang.

Selain itu, ia juga berupaya untuk menggandeng kerja sama dengan "wholesalers" dan maskapai, serta menggarap pasar untuk segmen yang lebih spesifik seperti "health and wellness" market yang kini semakin diminati.

"Kami juga upayakan untuk perluasan dan pengenalan destinasi lain di luar Bali. Adanya program 10 Bali Baru memang merupakan opsi yang sangat baik yang mendukung ini," katanya.

Indonesia menargetkan mampu menjaring 1,8 juta wisman asal Negeri Kanguru itu sampai tutup tahun ini agar mampu berkontribusi terhadap total target kunjungan wisman sebesar 15 juta orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro