Ratusan payung warna-warni menghiasi jalan menuju candi Borobudur kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Senin (19/6). Pemasangan payung tersebut untuk memperindah pemandangan Candi Borobudur sekaligus untuk memberikan rasa teduh kepada wisatawan. ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Travel

Borobudur Diterangi Warna Oranye

Newswire
Minggu, 10 Desember 2017 - 01:04
Bagikan

Bisnis.com, MAGELANG - Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah diterangi warna oranye pada Sabtu (9/12/2017)  malam untuk mendukung penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Agenda itu dikampanyekan Entitas PBB untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women).

General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Chisnamurti Adiningrum di Magelang, Sabtu, mengatakan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan ini.

"Kegiatan ini merupakan tahun kedua kami ikut berpartisipasi dalam rangka mendukung kegiatan Hari Antikekerasan terhadap Perempuan dan Anak dari UN Women," katanya.

Kegiatan "Orange The World" ini sebagai bentuk komitmen dan kepedulian perusahaan untuk untuk ikut bersama menyuarakan penghapusan kekerasan terhadap perempuan dengan menyalakan lampu warna oranye untuk Candi Borobudur pada hari ini pukul 18.00-24.00 WIB.

Borobudur warna oranye diharapkan mampu menginspirasi masyarakat di seluruh dunia untuk mendukung kegiatan dalam rangka Hari Antikekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

"Kami sangat sangat bisa terlibat dalam kegiatan yang dicanangkan oleh UN Women ini," kata Chrisnamurti.

Ia menyampaikan dengan keikutsertaan ini bisa ikut menyamakan gender antara perempuan dan laki-laki dan tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Partisipasi Candi Borobudur merupakan bentuk dukungan terhadap inisiatif global "Orange the World" sebagai bagian dari kampanye global Sekretaris Jenderal PBB dalam rangka 16 Hari Antikekerasan terhadap perempuan.

"Selama 16 hari, berbagai bangunan ikonik di berbagai belahan dunia diterangi lampu warna oranye untuk menunjukkan dukungan mereka.

Warna oranye merupakan warna yang optimistis, simbolisasi dari masa depan yang cerah bagi perempuan dan anak perempuan, bebas dari kekersan.

Penerangan Candi Borobudur dengan warna oranye tersebut manarik perhatian masyarakat, khusunya para fotografer baik dari dalam negeri maupun mancanegara untuk mengabadikan momentum tersebut.

Fotografer asal Romania, Alexandria mengatakan sangat menajubkan Candi Borobudur diterangi dengan warna oranye.

"Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang bagus, namun malam ini Borobudur kelihatan lebih bagus karena diterngi warna oranye," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro