Ilustrasi/jibi
Kuliner

Menikmati Menu Artisan di Bali

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 11 November 2017 - 16:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi sebagian kalangan, bersantap merupakan ritual yang tidak hanya mengedepankan soal rasa makanan. Mereka mengharapkan sesuatu yang lebih; baik itu estetika presentasinya, racikan resepnya, maupun kualitas bahan yang digunakan.

Tidak semua restoran memahami hal itu. Namun, tidak sedikit pula restoran yang kini mengusung konsep artisan gourmet khusus untuk melayani permintaan konsumen yang menjunjung tinggi estetika dalam berkuliner.

Tren artisan gourmet mulai bermunculan di banyak kota besar Indonesia, khususnya di Bali yang menjadi wadah berkumpulnya restoran-restoran artisan papan atas dari chef-chef terkemuka dunia. Salah satu yang paling banyak direkomendasikan adalah Frestro & Bar.

Restoran fine dining yang berlokasi di kawasan Petitenget, Kerobokan, Kuta Utara tersebut memiliki reputasi sebagai penyedia menu-menu artisan yang diracik dan dikurasi langsung oleh tangan-tangan chef berpengalaman.

Frestro mengusung konsep unik sebagai restoran artisn gourmet cuisine yang menyajikan berbagai seleksi menu internasional terbaik, yang diracik dengan penuh atensi terhadap detail. Setiap menunya dipresentasikan secara elegan dengan sentuhan kekayaan budaya Bali.

Restoran yang terletak di jantung bilangan Seminyak ini juga mengedepankan kualitas bahan yang mereka gunakan untuk setiap sajian. Mereka hanya menggunakan bahan-bahan organik, yang didatangkan dari tangan-tangan para petani lokal Bali binaan mereka.

Operations Manager Frestro & Bar Bali, Ayip Muhammad Dzuhri, menjelaskan setiap bahan pangan yang disuplai untuk restoran tersebut dipastikan memenuhi kriteria bebas limbah (zero waste) yang dapat merusak lingkungan.

“Ketentuan zero waste itu tidak hanya digunakan pada setiap makanan di restoran kami, tetapi juga semua minuman yang kami sajikan,” ujarnya.

Namun, satu hal yang menjadikan restoran ini unik dibandingkan dengan artisan gourmet lainnya adalah pengelolaan menu dan presentasinya yang menonjolkan kekayaan budaya lokal Bali. Sehingga, setiap menu yang disajikan sekaligus dijadikan bentuk promosi budaya kepada turis.

Menu-menu di restoran ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu brunch untuk makan siang dan dinner untuk santap malam. Jajaran menu brunch yang dijajakan diFrestro didominasi oleh sajian-sajian sehat berbasis nabati atau raw diet yang saat ini sedang digemari konsumen internasional.

Pengunjung dapat memilih berbagai pilihan healthy bowl, seperti ‘super green’ yang merupakan sajian gandum giling dan dihidangkan bersama dengan smoothiedaun kale dan alpukat, serta madu, kacang almon, dan kismis.

Ada juga ‘island breeze’, yang merupakan gandum dengan potongan nanas, pisang, kelapa muda, karamel kacang mede, dan madu liar. Selain itu, ada juga menu populer ‘acai bowls’ yang terdiri dari parutan kelapa kering, granola, campuran berbagai buah beri, dan buah naga.

Berbagai salad organik sehat juga menjadi menu brunch andalan di Frestro. Mulai dari salad semangka yang diinfusi dengan madu mawar, salad tomat plaga. Menu-menu raw diet yang dijajakan juga memiliki proporsi protein nabati dan hewani yang seimbang.

Misalnya saja menu ‘king mackarel’, yang merupakan irisan makarel mentah dengan seledri, tomat, cabai,d an jagung. Atau, tuna sirip kuning yang disajikan dengan kembang kol dan kaviar lumpfish. Ada juga daging tenderloin dengan buah pir, mustard, dan dan daun oba.

Dari jajaran menu khas (signature), Frestro menawarkan beragam sajian internasional seperti sup daging kambing muda dengan rempah-rempah Mediterania, wrapsalmon asap, ayam kampung panggang, dan burger keju yang menggunakan daging black angus.

Bagi penyuka makanan-makanan populer, terdapat juga berbagai pilihan pasta, pizza, dan makanan pembuka yang tetap mengedepankan bahan baku organik yang sehat. Untuk minumannya, ada banyak pilihan cold pressed juice dan teh kombucha nan segar.

Menu-menu dinner di Frestro juga tidak kalah memikat. Untuk main course-nya, restoran ini menyediakan berbagai menu dengan penyajian unik. Misalnya saja burung dara asap yang disajikan dengan saus bit, atau udang harimau (tiger prawn) mentega dengan saus gremolata vermouth.

Tidak hanya sekadar untuk bersantap mewah, restoran artisan ini kerap dijadikan ajang bersosialisasi untuk menghabiskan malam bersama rekan-rekan. Sebagai pelengkap, restoran ini menghidangkan berbagai menu cocktail beralkohol yang diolah oleh mixologist berpengalaman.

Seluruh minuman yang dijajakan mengusung konsep serba Indonesia, yaitu memadukan aneka minuman lokal dari berbagai daerah dengan racikan alkohol untuk menghadirkan resep-resep cocktail yang tiada duanya. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro