Ile Batu Tara/nasa.gov
Travel

WISATA LAVA: Unik, Gunung Berapi Ile Batu Tara Ini Meletus Setiap 20 Menit

Newswire
Minggu, 29 Oktober 2017 - 12:25
Bagikan

Bisnis.com, KUPANG - Bisa jadi ini gunung teraneh di Indonesia, kalau tak bisa disebut paling unik di dunia. Gunung bernama Ile Batu Tara atau Gunung Batu Tara ini terbilang rajin meletus dan dalam interval nyaris tetap.

Keunikan yang dimiliki Ile batu Tara Ini layak dijadikan sebagai tujuan lava tour atau wisata lava sembari menyaksikan aktivitas gunung berapi tersebut.

Wakil Bupati Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Ola Langoday mengatakan Gunung Batu Tara (Ile Batu Tara) yang terletak di Pulau Komba tersebut meletus setiap 20 menit.

Letusan disertai lahar panas pijar membara membentuk bunga api yang indah disertai tsunami kecil tetapi tidak membahayakan dan dapat disaksikan dari jarak 20 meter, kata Thomas Ola Langoday kepada Antara, Minggu (29/10/2017).

Karena keunikannya, Ile Batu Tara masuk dalam 14 gunung api di Indonesia yang diikutsertakan dalam vote 2017.

Gunung (ile) Batu Tara masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Lembata. Gunung ini berada di Pulau Komba. Gunung ini terletak di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata.

Aktivitas letusan Ile Batu Tara berlangsung sepanjang hari tanpa henti, sehingga bisa menjadi objek wisata yang menarik.

Menurut dia, paling indah aktivitas Ile Batu Tara ini disaksikan pada malam hari, terutama di saat magrib dan subuh.

Untuk menyaksikan keindahan Ile Batu Tara, para pengunjung bisa menggunakan kapal cepat dari Lembata dengan menempuh perjalanan sekitar 90 menit.

Thomas Ola Langoday menambahkan, Ile Batu Tara merupakan salah satu dari tiga gunung api di dunia dengan keunikan yang sama yakni satu di Sisilia dan satunya di Atlantik.

Karena itu, dia mengajak wisatawan domestik untuk menjadi orang pertama yang mengunjungi dan menikmati keajaikan Ile Batu Tara sebelum wisatawan mancanegara menikmatinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro