Airbnb/Istimewa
Kuliner

Sebagian Besar Traveler Suka Berburu Kuliner

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 24 Oktober 2017 - 10:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut Survei Airbnb Asia Pacific (APAC) Travel, wisatawan di Asia Pasifik (APAC) semakin sering orang, 71% orang yang disurvei menekankan pentingnya mencoba menu kuliner lokal saat liburan, dan 6 dari 10 (59% ) wisatawan ingin mencoba pengalaman atau aktivitas baru.

Survei Airbnb APAC Travel, yang dilakukan di tujuh negara - Australia, China, India, Jepang, Singapura, Korea Selatan dan Thailand – menemukan fakta bahwa wisatawan wanita dari China (73%), India (74%), Jepang ( 80%), Singapura (84%), Korea Selatan (59%) dan Thailand (69%) cenderung lebih merasa bahwa penting untuk mencicipi kuliner lokal dibandingkan dengan wisatawan pria dari negara tersebut masing-masing. Satu-satunya yang menjadi pengecualian adalah Australia dimana pria lebih tertarik untuk mencoba kuliner lokal (76%) dibandingkan dengan wanita (71%).

Berdasarkan rilis yang diterima Bisnis.com, secara komparatif, pada umumnya, sebagian besar wisatawan Singapura ingin mencoba kuliner lokal (81%) sedangkan yang terendah adalah wisatawan dari Korea Selatan yang hanya sebesar 58%. Wisatawan Thailand yang berumur lebih dari 55 tahun terbukti lebih terbuka untuk mencoba kuliner dengan rasa baru daripada kalangan milenial

Di Australia (77%), China (65%), India (72%), Jepang (83%), Singapura (79%) dan Korea Selatan (59%), kelompok usia 18-24 tahun sangat terbuka terhadap ide baru dan pentingnya mencoba kuliner lokal. Namun yang mengejutkan, di Thailand, ternyata sebesar 82% wisatawan dengan kategori usia di atas 55 tahun yang lebih terbuka untuk mencoba rasa dan menu kuliner baru pada perjalanan liburan mereka.

Selain itu secara rata-rata, 76% wisatawan Asia Pasifik mengatakan bahwa kuliner lokal mempengaruhi pilihan tujuan liburan mereka, dengan angka tertinggi sebesar 87% dari wisatawan India dan terendah 62% dari wisatawan Thailand.

Oleh karena itu Airbnb telah bermitra dengan empat koki terkemuka dan pemenang penghargaan seperti: Chef Manish Mehrotra (India); Chef Tony Yoo (Korea Selatan); Koki Ian Kittichai (Thailand); dan Chef Koh Kentetsu (Jepang) untuk inisiatif Airbnb Kitchens of Asia, yang mendorong wisatawan untuk mencoba kuliner Asia yang otentik dan lezat yang bercita rasa India, Jepang, Korea Selatan dan Thailand. Dengan fasilitas ini, wisatawan tidak perlu kehilangan kesempatan mencicipi kuliner lokal  karena 80% dari daftar Airbnb memiliki dapur

Temuan dari Survei tersebut menunjukkan hampir setengah dari wisatawan Asia Pasifik (46%) enggan memasak di penginapan mereka karena kurangnya fasilitas dapur, sementara 41% tidak ingin menghabiskan waktu memasak atau berbelanja saat liburan dan 43% memiliki preferensi untuk makan di luar dan mencoba kuliner lokal.

Sebagai tambahan, wisatawan yang malas dan hanya memiliki waktu singkat bisa merasakan kuliner lokal secara cepat dan mudah. Kerjasama Airbnb Kitchens of Asia menyatukan keempat koki terkemuka dengan tuan rumah yang sekaligus pecinta makanan (foodie) di Airbnb untuk berbagi sentuhan mereka dengan berbagai pilihan resep kuliner Korea, India, Jepang dan Thailand yang dibuat dengan menggunakan 10 bahan atau kurang, atau dapat dibuat di bawah 30 menit.

Saat berlibur bersama keluarga, wisatawan tidak selalu memiliki untuk kesempatan menjelajahi tempat-tempat yang menjual kuliner lokal. Kenyataannya, survei mengungkapkan bahwa 46% wisatawan cenderung memasak di penginapan mereka saat bepergian dengan keluarga dibandingkan dengan saat mereka berpergian sendiri yang memiliki persentase hanya 21%, jadi kolaborasi antar koki terkemuka ini bertujuan untuk memastikan agar wisatawan keluarga tidak kehilangan keseluruhan pengalaman mencicipi kuliner lokal di tempat mereka berlibur, dan bayangkan apalagi yang bisa mereka lakukan ketika mereka sudah kembali ke rumah.

Adapun survei untuk kegiatan memasak bersama keluarga berdasarkan wilayah memperlihatkan hasil yang beragam dan menunjukkan bahwa wisatawan keluarga dari Jepang memiliki keinginan terendah untuk memasak di penginapan mereka dengan hanya 23% yang ingin melakukannya. Di sisi lain, 46% dari India, 47% dari Cina, 64% dari Thailand dan 66% dari Korea Selatan yang masing-masing cenderung memasak di penginapan mereka saat bepergian dengan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro