Perahu motor melintasi perairan Danau Toba menuju pulau Samosir, Sumatra Utara, Rabu (4/4)./Antara-Anis Efizudin
Travel

Dukung Wisata Danau Toba, Kemenhub Akan Bangun Dermaga dan Kapal

Yudi Supriyanto
Sabtu, 14 Oktober 2017 - 22:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Perhubungan akan membangun dermaga dan kapal untuk mendukung sektor pariwisata di Danau Toba, Sumatera Utara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan membangun 5 dermaga dengan rincian 2 dermaga di Samosir dan 3 dermaga di Danau Toba.

Kemudian, ujarnya, Kemenhub juga akan membangun 2 kapal roro. Selain itu, PT ASDP Indonesia Ferry juga akan membangun 1 kapal roro.

"Pembangunan ini dilakukan selain untuk konektivitas masyarakat antara satu tempat ke tempat lain, juga untuk mendukung pariwisata di sekitar Danau Toba," kata Budi, Jakarta, dalam siaran pers pada Sabtu (14/10/2017).

Dia menjelaskan, kapal roro yang akan dibangun memiliki panjang 48,5 meter dan lebar 12,6 meter dengan kapasitas 300 gross tonnage (GT). Nantinya, kapal roro tersebut dapat menampung 300 orang dan 32 mobil.

Saat ini, ungkapnya sudah terdapat 2 kapal roro yang melayani masyarakat yang ingin menyeberang di Danau Toba. Oleh karena itu, dia berharap, konektivitas antara pelabuhan di sekitar Danau Toba akan semakin bagus dengan adanya tambahan kapal roro.

Dia mengungkapkan, masyarakat membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya. Sementara dengan kapal roro, masyarakat bisa menempuh perjalanan sekitar 15-30 menit.

"Saat ini sudah ada 2 kapal roro yaitu Sumut 1 dan Sumut 2 yang melayani penyeberangan di Danau Toba. Dengan adanya tambahan kapal roro nantinya konektivitas antar pelabuhan di sekitar Danau Toba akan semakin bagus. Sekarang ini jika menggunakan mobil waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain bisa satu jam, nah dengan kapal hanya 15-30 menit saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro