Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gara-gara Nuklir Korut, Taman Wisata di China Tutup

Pemerintah Provinsi Jilin, China, menutup taman wisata di dekat wilayah perbatasan dengan Korea Utara.
Taman di Jilin, China/tripadvisor
Taman di Jilin, China/tripadvisor

Bisnis.com, BEIJING - Pemerintah Provinsi Jilin, China, menutup taman wisata di dekat wilayah perbatasan dengan Korea Utara.

"Untuk memastikan keamanan dan keselamatan para pengunjung, staf kami melakukan inspeksi keamanan secara komperehensif di gardu pandang selatan pegunungan Changbai yang untuk sementara kami tutup," demikian pernyataan tertulis Dinas Pengembangan Pariwisata Provinsi Jilin yang diunggah di akun Sina Weibo, Rabu (13/9/2017) malam.

Pihaknya belum akan membuka objek wisata itu hingga benar-benar bebas dari potensi gangguan akibat uji coba senjata nuklir yang dilakukan oleh Korut, demikian laporan Global Times, Kamis.

Pegunungan Changbai berada di perbatasan China-Korut dan objek wisata favorit di wilayah timur laut daratan Tiongkok sebagaimana ditulis Xinhua.

Taman wisata tersebut biasanya sangat ramai pada musim dingin yang saat ini sudah dimulai di wilayah utara dan timur laut China. Sangat jarang taman wisata Changbai ditutup pada saat musim dingin.

Korut telah melakukan uji coba nuklir yang keenam, Minggu (3/9/2017). Warga Provinsi Jilin sempat panik karena merasakan getaran yang cukup dahsyat akibat uji coba senjata Korut yang menurut ilmuwan di China kekuatannya mencapai delapan kali bom atom yang dijatuhkan pasukan sekutu di Hiroshima, Jepang, pada 1945 itu.

Kementerian Lingkungan Hidup China mulai melakukan pemantauan di wilayah perbatasan tersebut setelah uji coba nuklir. Namun sejauh ini level radiasi nuklir masih dalam batas normal.

Uji coba nuklir Korut tersebut menimbulkan kecaman dunia internasional dan memaksa Perserikatan Bangsa-Bangsa kembali memperbarui sanksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler