Travel

Patung Buddha Tidur Jadi Wisata Andalan di Mojokerto

Deandra Syarizka
Sabtu, 26 Agustus 2017 - 19:35
Bagikan

Kabar24.com, MOJOKERTO-- Tempat wisata Patung Buddha Tidur Maha Vihara Majapahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, masih menjadi salah satu tempat wisata andalan masyarakat untuk menghabiskan akhir pekan di Mojokerto.

Dengan tiket masuk sebesar Rp3.000 untuk orang dewasa dan Rp.2000 bagi anak-anak, tempat ini menjadi hiburan edukatif murah meriah bagi masyarakat.

Sejak pertama kali dibangun pada 2001, Patung Buddha Tidur di Mojokerto selalu ramai dikunjungi terlebih pada akhir pekan.

Tiara Syahra, salah satu pengunjung asal Jakarta mengaku senang mengunjungi Patung Buddha Tidur Mojokerto.

Menurutnya, daya tarik patung tersebut tak kalah menarik dengan Patung Buddha Tidur terbesar di dunia yaitu Wat Pho asal Thailand.

“Tempat wisata yang perlu dikunjungi untuk memuaskan rasa ingin tahu, karena patung ini disebut-sebut sebagat patung Buddha tidur terbesar ketiga di Asean,” ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (26/08).

Patung Buddha Tidur Mojokerto emiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter, dan tercatat dalam rekor MURI sebagai patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia.

Patung Buddha Tidur Mojokerto ini juga berada di urutan ketiga terbesar setelah patung Buddha Tidur di Thailand dan Nepal.

Cat emas yang melapisi Patung Buddha Tidur menggambarkan wafatnya Siddharta Gautama. Patung dibangun menghadap ke arah selatan yang dianggap kiblatnya umat Buddha.

Di sekitar area, terdapat pagar pembatas bagi pengunjung yang ingin mengabadikan gambar. Hal tersebut bertujuan menjaga kesakralan patung Buddha tersebut, mengingat area ini juga menjadi rumah ibadah masyarakat Buddha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro