Pemandu wisata/freetoursydney.com.au
Travel

Kemampuan Bahasa Asing Pemandu Wisata di Sumbar Sangat Minim

Newswire
Jumat, 25 Agustus 2017 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, PADANG - Kemampuan bahasa asing pemandu wisata di Sumatera Barat (Sumbar), masih sangat minim dan harus ditingkatkan agar bisa berperan dalam pengembangan pariwisata daerah.

"Data Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumbar, dari 416 pemandu wisata setempat yang memiliki kemampuan bahasa asing yang baik hanya 15 persen," kata Ketua DPD HPI Sumbar, Budiman di Padang, Jumat (25/8/2017).

Sementara sisanya, hanya bisa bahasa Inggris sekadarnya dan belum bisa disebut ahli sehingga komunikasi dengan wisatawan terbatas.

Sedangkan, pemandu yang memiliki keahlian bahasa lain seperti Korea. lebih sedikit lagi. Tercatat hanya satu orang pemandu wisata di Sumbar yang fasih berbahasa itu.

Jika banyak wisatawan dari negara ginseng itu yang datang ke Sumbar, akan kesulitan mencari pemandu wisata yang bisa mengiringi.

Hal itu termasuk untuk bahasa asing lain seperti Belanda, Jepang dan Mandarin. Padahal, sebagian wisatawan asing yang datang, tidak dapat berbahasa Inggris dan hanya dapat menggunakan bahasa ibunya.

Kendala itu, menurut dia, harus dicarikan solusi terbaik karena wisatawan yang datang tentu membutuhkan informasi terkait destinasi wisata, sejarah dan budaya setempat yang dinilainya menarik.

Jika hal itu tidak bisa didapatkan, tentu menjadi nilai minus bagi pariwisata Sumbar. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing pemandu wisata itu menurut Budiman adalah dengan pelatihan.

Dikatakan, DPD HPI Sumbar bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata telah melakukan pelatihan, tidak saja untuk bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional, tetapi juga untuk bahasa Spanyol, Belanda, Jepang, Mandaring dan Korea.

"Kita juga mendorong pemandu wisata untuk meningkatkan kemampuan secara otodidak," kata Budiman.

Selain mengandalkan pemandu wisata yang sudah ada, diperlukan tenaga baru profesional terutama lulusan sekolah pariwisata.

"Artinya, geliat pariwisata Sumbar yang sudah mulai terasa ini, harus diimbangi juga dengan kesiapan tenaga kerja di bidang itu," lanjutnya.

Budiman berharap pemerintah melalui lembaga pendidikan dan pelatihan-pelatihan untuk ikut mendorong terciptanya tenaga kerja pemandu wisata yang profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro