Acar/Istimewa
Kuliner

Ini Sebabnya Gorengan Kambing Dikombinasi dengan Acar

Newswire
Jumat, 25 Agustus 2017 - 11:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rasanya tidak lengkap bila hidangan gurih penuh rempah disajikan tanpa acar segar yang terdiri dari potongan timun, cabai, bawang hingga wortel yang direndam di air cuka dan garam.

Namun, acar punya peran yang lebih besar ketimbang sekadar pelengkap makanan. Seperti konsep Yin dan Yang, acar adalah penyeimbang dari masakan penuh rempah yang membuat tubuh menjadi hangat.

"Acar berfungsi untuk menetralisir (panas)," kata pakar kuliner Arie Parikesit di Jakarta beberapa waktu lalu.

Arie mencontohkan menu gorengan kambing khas Ibu Yoyo yang tersohor di Jakarta biasa dilengkapi dengan oseng buncis dan acar timun. Penyeimbang panas dari rempah atau olahan daging juga hadir dalam bentuk lain, misalnya es timun yang cocok disantap dengan mie Aceh.

Makanan penuh rempah yang membuat tubuh hangat adalah santapan yang cocok di daerah sejuk seperti pegunungan. Namun, makanan seperti itu sebaiknya dilengkapi dengan "pendingin" bila disajikan di daerah panas atau pesisir.

"Di pegunungan, butuh heat jadi tidak masalah (rempah), tapi di pesisir atau tempat yang netral tidak boleh ada yang dominan," kata Arie.

Itulah mengapa masakan yang berasal dari daerah sejuk biasanya memakai banyak rempah, sementara bumbu masakan pesisir lebih sederhana.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro