Kampung China di Bandung/Istimewa
Travel

China Town, Ikon Baru Kota Bandung

Newswire
Senin, 21 Agustus 2017 - 18:50
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan pembukaan destinasi wisata baru "China Town" yang kental dengan nuansa pecinan di Jalan Klenteng Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (20/8/2017).

"Mudah-mudahan keindahan destinasi ini memperkuat pariwisata Kota Bandung yang hari ini juara satu di Indonesia, tidak terkalahkan," ujar Ridwan Kamil saat meresmikan China Town.

Konsep China Town itu memadukan dua unsur budaya khas Tiongkok dan Sunda yang identik dengan suasana ruang terbuka. Menurut Ridwaan, ikon baru Kota Bandung itu semakin memperkuat identitas Kota Bandung yang penuh dengan nuansa keberagaman.

Selain itu, dia menegaskan keberagaman bisa tetap hidup dalam kedamaian meski berada di tengah-tengah perbedaan suku, budaya dan agama.

"Mudah-mudahan keberagaman ini menjadi inspirasi untuk Indonesia. Bahwa Indonesia di 72 tahun merdeka, kekuatannya lahir dari keberagaman," kata Ridwan.

Di dalam China Town ini terdapat 77 kios yang berasal dari usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Bandung seperti kuliner, pakaian, hingga kerajinan tangan. Warga yang datang tidak hanya bisa menikmati suasana sejuk, tapi juga dapat mengenal lebih dekat mengenai budaya Tionghoa.

Direktur Utama PT Usaha Wisata Bersama Bandung, Lucky Tjandradinata selaku pengelola China Town meminta masyarakat tidak ragu mencicipi makanan di sana. Ia menjamin seluruh kuliner yang ada terbebas dari daging celeng maupun minyak babi.

Lucky menceritakan, lahan seluas 3.000 meter persegi ini, awalnya hanya bangunan heritage berasitektur Tiongkok. Namun di bagian belakang bangunan, terdapat lahan yang tidak terpakai.

Dia kemudian bersama yayasan Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung (Permaba) mendatangi Ridwan Kamil untuk membahas peremajaan bangunan heritage sekaligus pemanfaatannya sebagai lahan komersil dan budaya.

Menurut dia, Ridwan Kamil mengusulkan agar dibikin  sesuatu yang tematik karena itu kan kawasan pecinan.

"Kami terjemahkan beliau suka. (Maka) langsung kita bangun."

Untuk bisa menikmati kawasan China Town ini, pengunjung dikenai biaya masuk Rp10.000 pada hari Senin-Kamis, dan Rp20.000 di hari libur. Sementara, untuk jam operasional, dari hari Minggu hingga Kamis dibuka pukul 12.00-22.00 WIB, sedangkan hari Jumat sampai Sabtu mulai dari pukul 12.00 hingga 00.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro