Soto Lamongan/Ilustrasi
Kuliner

KREATIFOOD 2017 : Kopi & Soto Siap Bersaing di Kancah Internasional

Dika Irawan
Selasa, 15 Agustus 2017 - 06:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) bekerja sama dengan Ikatan Praktisi Kuliner Indonesia (IPKI) kembali menggelar ajang Kreatifood 2017, perhelatan yang digelar guna mendukung industri kuliner Indonesia.

Kreatifood 2017 digelar di dua tempat, yakni di Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang Sumatera Selatan, pada 22 - 27 Agustus 2017. Kemudian, di Pantai Losari, Makassar Sulawesi Selatan, pada  6 - 10 September 2017.

Kreatifood 2017 di Palembang digelar dalam kegiatan Sriwijaya Festival, yang merupakan kegiatan festival seni dan budaya yang berlangsung setiap satu tahun sekali. Kreatifood 2017 di Palembang akan mengangkat tema mengenai “Kopi Kita Kopi Giling Lokal ” (Koling Lokal). Rencananya acara ini akan dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, Ir. H. Alex Noerdin, SH dan Kepala Bekraf, Triawan Munaf.

Kreatifood 2017 di Makasar akan mengangkat tema Soto (Unity in Diversoto), digelar di Pantai Losari dalam kegiatan Makassar International Eight Festival & Forum 2017 / F-8. Kreatifood  2017 Makassar mengusung tema Soto akan hadir ditengah festival yang berisi Fashion, Foods, Fiction Writers, Fine arts, Folks, Fusion Music, Flora & Fauna , dan Film.

Soto dan Kopi menjadi tema di ajang Kreatifood 2017, karena keduanya merupakan ikon kuliner Indonesia. Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif, Joshua Simanjuntak mengatakan, Bekraf sejak 2016 telah mendorong Soto menjadi tema makanan Indonesia. Hal ini agar lebih mudah memperkenalkan dan mempromosikan makanan Indonesia.

“Sangat sulit bagi konsumen internasional untuk mengingat begitu banyaknya nama kuliner di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (14/8/2017).

Menurutnya Bekraf, sudah memperkenalkan soto ke ajang pameran di New York-Amerika Serikat, Seoul-Korea dan Frankfurt-Jerman. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Diaspora Indonesia dalam membuat restoran Indonesia yang mengangkat menu andalan Soto.

“Dengan menjadikan soto sebagai lokomotif makanan Indonesia di dunia, dengan begitu, diharapkan nantinya makanan Indonesia yang lain akan mengikuti," ujarnya.

Sementara, Kopi Giling Lokal saat ini telah menjadi trend tersendiri di masyarakat Indonesia. Hal ini menjadikan industri kopi olahan di Indonesia meningkat. Bekraf telah berupaya mendorong dan meningkatkan potensi kopi lokal bukan sekedar komoditi tetapi juga menjadi gaya hidup bagi pecinta kopi di Indonesia.

Ajang Kreatifood 2017 Palembang, akan diikuti oleh Asosiasi Kopi Nasonal & Lokal, para pengusaha dibidang Kopi dan pengusaha kuliner lokal di kota Palembang. Selain itu juga ikut para Start up dibidang kuliner yang menjadi program binaan Deputi Akses Permodalan Bekraf. Kreatifood 2017 Palembang akan diisi oleh Expo kopi, demokreasi kopi dari bebeberapa ahli kopi terkenal dan berbagai kegiatan tentang kopi yang melibatkan partisipasi masyarakat kota Palembang.

Kreatifood  2017 Makassar, juga akan diikuti oleh start-up dibidang kuliner program binaan Deputi Akses Permodalan Bekraf, Pedagang Soto dan pengusaha Kuliner Lokal di kota Makassar, Chef dan praktisi Kuliner Lokal & Nasional. Selain itu akan ada Expo Soto, Awarding untuk pengusaha Soto, Workshop dan Pelatihan oleh para narasumber dari Bekraf, asosiasi kuliner, Instansi keuangan dan pengusaha kuliner sukses mengenai berbagai hal, antara lain : standardisasi, pengembangan produk, pembiayaan, promosi, pengembangan soft skill.

Kreatifood 2017 Palembang dan Makasar akan dimeriahkan bintang tamu antara lain Chef Chandra – Chef Table NET TV, Indra Herlambang – Host Insert Trans TV, ANJI Drive, The Rain dan beberapa artis ibukota yang sedang populer saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro