Peserta mengenakan kostum Sriwijaya saat tampil di Jember Fashion Carnaval (JFC) ke-16 di Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8). JFC ke-16 bertema Victory atau Kemenangan menampilkan delapan defile yang kostumnya pernah memenangkan kostum terbaik di sejumlah kontes dunia, seperti kostum Borobudur, Bali, dan Borneo. ANTARA FOTO/Seno
Travel

Jember Fashion Carnaval 2018 Gunakan APBN

Newswire
Senin, 14 Agustus 2017 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JEMBER - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kementerian Pariwisata akan mendukung pelaksanaan "Jember Fashion Carnaval" (JFC) tahun 2018 dengan menggunakan dana APBN.

"Tahun ini kami sudah bantu, ke depan harus ada keseimbangan antara cultural value dan commercial value untuk menjaga kesinambungan kegiatan karnaval terus berjalan," katanya usai melepas keberangkatan Presiden Joko Widodo di Bandara Notohadinegoro Jember, Jawa Timur, Minggu (13/8/2017)petang.

Arief Yahya mengatakan, Presiden JFC Dynand Fariz sudah mempresentasikan kegiatan JFC kepada Kemenpar, namun berdasarkan hasil analisis bahwa nilai komersial dalam JFC kurang digali, sehingga harus ada pendanaan yang salah satu sumbernya dari APBD.

"Dana APBN hanya boleh digunakan untuk tingkat nasional. Akhirnya kami nilai dan ditetapkan bahwa tahun depan JFC bisa mendapatkan dana APBN, namun hal itu belum tentu bisa berkesinambungan," ucap Arief Yahya.

Arief Yahya, mengatakan JFC sudah baik dalam sisi kebudayaan dan seninya, namun belum optimal dalam sisi komersial, dan perlu dikelola kembali karena JFC seharusnya melibatkan pihak swasta dalam pendanaannya.

"Bapak Presiden menilai bahwa kegiatan JFC sudah pada level nasional, bahkan level dunia, sehingga seharusnya karnaval busana itu digelar di Jakarta atau kota-kota besar lainnya, sehingga hal itu kesempatan buat Dynand Fariz untuk mengembangkan JFC menjadi cikal bakal karnaval di kota-kota lain," tutur Arief Yahya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro