Menteri Pariwisata Arief Yahya/Bisnis.com-Natalia Indah Kartikaningrum
Kuliner

Festival Kuliner Nusantara di Gelar Hingga Hari Ini

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 6 Agustus 2017 - 09:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membuka Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2017 di Mall Artha Gading, Sabtu-Minggu, 5-6 Agustus 2017.

Penyelenggaraan FKN 2017 berlangsung di Mall Artha Gading, Jakarta Utara pada 5-6 Agustus 2017 ini sebagai upaya menjadikan kuliner sebagai Pesona Indonesia dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawanuntuk mencapai target 275 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

Menpar Arief Yahya mengatakan, penyelenggaraan FKN 2017 yang melibatkansemua pemangku kepentingan (stakeholder) dari kalangan industri kuliner, pemerintah daerah dari 34 provinsi seluruh Indonesia, lembaga pendidikan kuliner, serta komunitas kuliner yang menggambarkan penta helix sebagai kekuatan pariwisata nasional.

Festival Kuliner Nusantara di Gelar Hingga Hari Ini

Kuliner sebagai bagian dari wisata minat khusus harus terus dikembangkan. Kontribusi kuliner terhadap sektor pariwisata mencapai 30 persen. Oleh karena itu, dalam upaya memajukan pariwisata, penggarapan bidang kuliner tidak boleh diabaikan. “Kuliner itu tidak saja berkontribusi untuk pariwisata, tetapi juga ekonomi kreatif dan ketenagakerjaan,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti dilansir dari siaran persnya

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan, penyelenggaraan FKN 2017 yang mengangkat tema “Aneka Ragam Kuliner Nusantara” dikemas dengan konsepwisata kuliner menampilkan makanan dan produk-produk kuliner khas masing-masing daerahnya yang tidak sama, sehingga pada Festival Kuliner Nusantara akan disajikan sedikitnya 50 jenis kuliner Nusantara yang berbeda dan mewakili keunikan daerah masing masing.

Selama dua hari Festival Kuliner Nusantara, pada jam jam makan siang dan malam, akan ditampilkan atraksi kesenian dengan tarian daerah, lomba amazing food race, demo masak interaktif yang dipandu oleh Celebrity Chef Andrew Karmajana serta lomba masak dengan menghadirkan 3 juri Chef Kenny Rianto, Chef Gerry Girianza, Chef Luthfi Karismanto. Penampilan artis ibu kota akan melengkapi semaraknya FKN 2017 dari Bondan Prakoso - Group Band Fade 2 Black, Band Lokal - Monggo Band.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat indentitas bangsa Indonesia di forum internasional. Oleh karena itu, Pemerintah (Kemenpar) sangat serius dalam memajukan industri kuliner antara lain dengan meluncurkan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia agar bisa mendunia sekaligus menjadi indentitas nasional,

Festival Kuliner Nusantara di Gelar Hingga Hari Ini

 

”Kuliner juga menjadi indentitas kota atau daerah yang sekaligus mempromosikan pariwisata kota tersebut. Ambil contoh; Rendang dari Padang Sumatera Barat, satu di antara 30 ikon kuliner tradisional Indonesia, secara otomatis akan mempromosikan pariwisata Sumetara Baratbaik di tingkat nasional maupun mancanegara.

Melalui penetapan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia diharapkan bisa masuk dan dapat dipresentasikan sebagai hidangan kelas dunia baik oleh para chef hotel dan restoran di negara manapun karena kuliner tersebut bahan-bahannya mudah diperoleh baik di dalam dan luar negeri, jenis makanannya sudah dikenal luas kalayak, memiliki praktisi profesional yang menguasai jenis makanannya, serta memenuhi kaidah jamuan internasional yaitu; ada makanan sebagai pembuka (appetizer), makanan utama (main course), dan makanan penutup (dessert).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro