Jemaah calon haji memasuki pesawat/Antara-M Risyal Hidayat
Travel

Tip untuk Jamaah Calon Haji Agar Nyaman di Pesawat (1)

Nurudin Abdullah
Selasa, 18 Juli 2017 - 17:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Rombongan jamaah calon haji dari Indonesia rencana diberangkatkan ke Arab Saudi mulai 28 Juli 2017.  Mereka diterbangkan dengan pesawat maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

SIMAK : Tip untuk Calon Jamaah Haji Agar Nyaman di Pesawat (Bagian 2)

Waktu tempuhnya cukup lama, mencapai sekitar 9 jam, dari embarkasi di Indonesia sampai tujuannya di Madinah untuk gelombang (kelompok terbang/kloter) pertama dan gelombang kedua landing di Jeddah.

Penerbangan yang lama tentu membosankan dan melelahkan. Untuk itu, Kasubag Humas Kilinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), Nirwan, dalam situs resmi Kemenag memberikan tip bagi para calon haji agar nyaman selama di pesawat.

Sebanyak 8 tip yang diberikan, yaitu Pertama, agar memilih posisi duduk senyaman mungkin di kursi pesawat. Dan barang bawaan yang dibawa masuk ke dalam kabin pesawat secukupnya saja.

Kedua, gunakan waktu tidur secara cukup selama dalam penerbangan. Tetapi, juga jangan tidur berlebihan karena dapat berpengaruh terhadap kebugaran tubuh.

Ketiga, hindari minum minuman berkafein. karena minuman yang mengandung kafein dikhawatirkan dapat meningkatkan rasa cemas. Cukuplah mengonsumsi air putih atau jus buah,

Selain itu, lanjutnya, makanlah secukupnya selama di pesawat, yaitu makanan yang diberikan pramugari. Makanan tersebut agar langsung dimakan habis,  jangan ditunda-tunda dan tidak dihabiskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro