Sejumlah kapal cepat (speedboat) bersandar di pelabuhan Teluk Nare, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Minggu (4/6)./Antara-Ahmad Subaidi
Travel

“Friendly Lombok” dan “Pesona Sumbawa"

Newswire
Kamis, 13 Juli 2017 - 06:31
Bagikan

Bisnis.com, MATARAM -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan "Friendly Lombok dan Pesona Sumbawa" sebagai branding Pesona Indonesia, Rabu (12/7/2017).

Wakil Gubernur NTB H Muh Amin, mengatakan branding sangat penting untuk meningkatkan citra dan daya tarik destinasi wisata daerah, sehingga makin dikenal turis mancanegara.

"Karena bagaimanapun dengan tumbuh berkembangnya industri pariwisata di NTB, akan mampu untuk menumbuhkembangkan ekonomi kreatif dan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Diakui Amin, sektor pariwisata telah berkontribusi nyata untuk membuka lapangan kerja, mengurangi pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan. Karenanya, pemerintah pusat dan daerah terus bersinergi mengembangkan sektor ini sebagai prioritas utama.

“Friendly Lombok” dan “Pesona Sumbawa"

Potensi pariwisata di pulau Sumbawa tidak kalah dengan pulau lombok. Namun penanganan dan promosinya, perlu disesuaikan dengan potensi lokal yang dimiliki.

"Sosialisasi branding ini bagus juga, ketika kita sama sama mau memperkuat sehingga tidak terjadi disparitas atau kesenjangan," jelasnya.

Amin menegaskan, untuk membangun pariwisata yang maju, Peran kepala daerah disini sangat penting.

"Kepala daerah harus pro aktif dan pro investasi dalam berbagai kebijakan-kebijakan yang ada," ucapnya.

Amin menambahkan, tugas kepala daerah adalah bekerja sama dengan dewan perwakilan rakyat (DPRD), merumuskan program program pembangunan pariwisata yang baik. Sedangkan pemerintah provinsi fungsinya tidak lebih dari fasilitator, dinamisator, motivator, dan juga regulator sebab yang mengeksekusi nantinya adalah kabupaten/kota.

Wagub juga meminta untuk perkuat atraksi-atraksi, infrastruktur, aksesibilitas, dan transportasi, karena hal inilah yang menjadi tugas dari pada pemerintah daerah dan pemerintah pusat," tegasnya.

Branding Pesona Indonesia adalah Program Kementerian Pariwisata untuk memperkenalkan keragaman dan keindahan Pariwisata Indonesia di kancah internasional dengan mempromosikan daya tarik potensi unggulan pariwisata tiap-tiap daerah.

“Friendly Lombok” dan “Pesona Sumbawa"

Dalam sosialisasi branding itu, NTB mengangkat daya tarik wisata halal dengan Lombok Friendly dan Pesona Sumbawa sebagai branding.

Diharapkan melalui program ini, daya tarik dan arus kunjungan wisatawan nasional dan internasional ke NTB akan mencapai target 3 juta orang atau lebih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro