Ikan tongkol asam manis/Istimewa
Kuliner

LOMBA MASAK IKAN NUSANTARA : Ini Syarat untuk Jadi Koki Presiden Jokowi

Gloria Natalia Dolorosa
Senin, 3 Juli 2017 - 16:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menggelar Lomba Masak Ikan Nusantara dalam rangka 72 tahun Indonesia merdeka. Seperti apa rinciannya?

Lomba masak ikan digelar oleh Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Sekretariat Negara, Kantor Staf Presiden, dan Femina Group.

Pendaftaran lomba dibuka mulai 3 Juli 2017 hingga 2 Agustus 2017. Ibu rumah tangga hingga koki boleh mendaftar. Pemenangnya bakal memasak hidangan ikan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 17 Agustus 2017.

Registrasi dapat dilakukan secara online dan offline dengan kriteria kreativitas resep, foto resep, dan esai. Resep harus disebarkan lewat media sosial dengan tagar #menujuistana dan #IkanItuEnak.

Selama Juli hingga Agustus 2017 Femina Group yang diwakili Primarasa akan berkeliling ke 11 kota untuk mencari 30 semifinalis dari tiap kota. Sebelas kota itu yakni Biak di Papua, Gorontalo, Batam, Makassar di Sulawesi Selatan, Bandung di Jawa Barat, dan Solo di Jawa Tengah. Lainnya, Yogyakarta, Kupang di NTT, Lombok di NTB, Pontianak di Kalimantan Barat, dan Padang di Sumatra Barat.

Di setiap roadshow, 30 peserta berkompetisi secara langsung memasak menu ikan dengan bahan yang sudah ditentukan. Nantinya, dipilih tiga semifinalis dari tiap roadshow berdasarkan kriteria rasa, penampilan, teknik, kebersihan, dan keterkaitan dengan tema.

Dari 30 semifinalis diseleksi lagi menjadi 10 finalis yang akan diadu di Jakarta. Pada 11 Agustus 2017 10 finalis akan beradu di Jakarta untuk mencari tiga pemenang pada Taste of Indonesia.

Kriteria yang harus dipenuhi yakni rasa (penggunaan bahan, teknik memasak, tekstur masakan, rasa keseluruhan), presentasi (porsi, kreativitas, keterkaitan dengan tema, aroma), dan kebersihan (higienitas saat memasak dan kerapian tempat memasak). Berikut agenda acara:

Juli-Agustus: roadshow dan audisi semifinalis lomba masak

4 Agustus: penjurian finalis di Kantor Femina Group
11 Agustus: penjurian pemenang lomba masak dan penganugerahan Taste of Indonesia. Lokasi di Kemang Village, Jakarta
12 Agustus: demo masak Ikan Itu Enak dan Taste of Indonesia. Lokasi di Kemang Village
15 Agustus: workshop tiga pemenang di Dapur Istana, Jakarta.
17 Agustus: Pemenang I memasak jamuan untuk Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro