Travel

Wisata di Bali: Serunya Jalan Kaki di Dasar Laut

Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Senin, 26 Juni 2017 - 23:59
Bagikan

Bisnis.com, TANJUNG BENOA — Berlibur ke Bali tak lengkap rasanya jika belum ke pantai. Sebab, selain menawarkan panorama indah, wisata di pantai bisa dilewati dengan melakukan berbagai aktivitas seru.

Salah satunya adalah berjalan di dasar laut (Marine Walk/Sea Walker). Olahraga air nan seru ini bisa dinikmati di Tanjung Benoa, di mana terdapat banyak pilihan vendor water sport yang menawarkan paket-paket wisata olah raga air yang memacu adrenalin.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajag Jawa-Bali (LL-JJB) 2017 berkesempatan menjajal pengalaman Sea Walker bersama Bali Appolo di Tanjung Benoa.

Lalu apa saja rekomendasi dari tim LL-JJB bagi para pemula yang tertarik mencoba kegiatan seru tersebut? Berikut ulasannya:

Untuk bisa menikmati Sea Walker, Anda diwajibkan untuk menggunakan pakaian selam khusus. Oleh karena itu, pastikan Anda mengenakan busana santai yang nyaman dan tipis untuk memudahkan proses pemakaian kostum selamnya.

Sebelum bisa menikmati keindahan lanskap bawah laut dengan berjalan kaki, Anda akan diantar dengan kapal cepat ke tengah lautan yang kedalamannya hanya mencapai 5-7 meter di bawah permukaan laut.

Setibanya di lokasi yang ditentukan, Anda harus berpindah ke kapal yang lebih besar. Di sana, Anda akan diminta menunggu giliran untuk turun ke dasar laut.

Sambil menunggu, pemandu akan memberikan sepatu-sepatu khusus penyelam yang wajib dipakai selama berjalan kaki di bawah laut. Pemandu juga akan memasangkan bantalan khusus untuk menyangga helm oksigen kedap air yang akan digunakan selama berada di dasar laut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menceburkan diri ke dalam laut. Pastikan Anda mematuhi setiap petunjuk yang disampaikan oleh pemandu.

Selama berada di dalam air, Anda hanya diperkenankan berjalan dengan badan tegak. Jangan duduk, membungkuk, jongkok, maupun berenang.

Begitu memasuki kawasan bawah air, seketika tekanan udara semakin berat. Jangan panik, dan tetap atur napas dengan normal. Jangan khawatir, karena helm khusus yang digunakan telah didesain kedap air atau maksimal sebatas dagu.

Saat berada di bawah air, Anda diperbolehkan memberi makan ikan-ikan koral dengan roti yang diberikan kepada pemandu ketika berada di atas kapal. Pastikan tubuh tetap tegak dan tangan lurus ke depan saat menyodorkan roti bagi ikan-ikan di laut.

Pemandu juga akan menginformasikan beberapa gerakan kode atau isyarat menggukanan jari untuk berkomunikasi di bawah laut. Anda harus mengingat dengan baik kode-kode itu, karena saat berada di bawa laut, suara Anda tidak dapat didengar oleh orang lain.

Nah, jika seluruh persiapan telah dilakukan. Saatnya Anda mengeksplorasi olah raga Sea Walker, dan berdekatan langsung dengan kehidupan ikan-ikan serta terumbu karang layaknya di fil Finding Nemo.

Jangan khawatir terbawa arus, karen selama perjalanan di dasar laut Anda akan ditemani oleh beberapa pemandu profesional. Selain itu, sudah ada jalur khusus yang dipersiapkan bagi para peserta Sea Walker, sehingga akan memudahkan Anda mencari rute berjalan saat berada di dalam air.

Jika Anda tertarik mencari sensasi berbeda saat berwisata di pantai, tak ada salahnya menjajal Sea Walker. Rerata harga yang ditawarkan adalah Rp897.000/orang untuk sekali perjalanan selama 25 menit.

Tim peliput: Wike D. Herlinda, Hadijah Alaydrus, Ashari Purwo, Gemal Abdel Nasser

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro