Bubur pedas Kuching, Sarawak Malaysia/Istimewa
Kuliner

Menu Buka Puasa di Kota Kuching Malaysia

Newswire
Selasa, 6 Juni 2017 - 18:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kota Kuching, Sarawak, Malaysia Timur, kini menyediakan lokasi khusus untuk menjual makanan dan minuman khas menjelang berbuka selama Ramadan.

Salah satu yang besar ada di kawasan Stutong, Kuching, terdapat puluhan penjual makanan dan minuman untuk berbuka.

Menurut Robert, salah seorang warga, di Kuching, Selasa (6/6/2017), tidak setiap tahun pemerintah setempat menyediakan lokasi khusus untuk berjualan makanan dan minuman seperti itu.

"Karena ada beberapa pertimbangan, seperti lokasi, parkir, dan lainnya," ujar Robert.

Di Stutong, terdapat lokasi parkir yang cukup luas. Sebuah tenda besi berukuran 10 meter x 70 meter, dipasang untuk menaungi para pedagang.

Tak hanya dari kalangan Melayu Muslim, warga non-Muslim juga tampak memadati lokasi Bazaar Ramadan Stutong tersebut. Bagi mereka, kesempatan tersebut untuk membeli makanan minuman yang jarang tersedia diluar bulan Ramadan.

Bubur pedas
Salah satu panganan yang khas adalah bubur pedas, kata Robert.

"Kalau hari-hari biasa, jarang ada. Kecuali untuk acara tertentu," ujar dia. Bubur pedas adalah campuran berbagai sayur ditambah beras yang sudah ditumbuk halus. Di Kalbar, makanan serupa juga ada yakni bubur paddas. Masyarakat Melayu terutama dari daerah Sambas dan Singkawang yang biasanya menyediakan panganan tersebut.

Pansu
Ada juga pansu, yakni ayam yang dimasak di dalam buluh atau bambu. Untuk kudapan kecil, harganya tiga buah RM 1 (satu ringgit Malaysia).

Kota Kuching, secara garis besar terbagi dalam dua bagian, Utara dan Selatan. Bagian Utara lebih banyak dihuni kalangan dari Melayu sedangkan di Selatan, dari etnis lain seperti Tionghoa atau Dayak dan sebagainya. Kuching merupakan ibu kota dari Sarawak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro