Ilustrasi: Suasana pusat perbelanjaan dan hotel di kawasan Boulevard of Business, Jalan Pierre Tendean Manado./Istimewa
Travel

INVEST MANADO: Kesepakatan Bisnis Capai US$400 juta

Edi Suwiknyo
Rabu, 24 Mei 2017 - 19:02
Bagikan

Bisnis.com, MANADO – Manado International Conference on Tourism (Invest Manado) yang digelar oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal menghasilkan kesepakatan bisnis senilai US$400 juta.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong mengemukakan, kesepakatan bisnis yang dihasilkan merupakan salah satu bukti nyata menggeliatnya investasi di sektor Pariwisata Indonesia.

"Kesepakatan bisnis dan komitmen investasi yang dihasilkan tersebut merupakan bukti nyata upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi," kata Thomas Lembong di Hotel Sintesa Peninsula, Rabu (24/5/2017).

Adapun kesepakatan tersebut terdiri dari kerjasama investasi antara investor China dengan perusahaan Indonesia terkait pembangunan di Manado Selatan untuk hotel, apartemen, shopping mal dan diving center senilai US$200 juta dan penyerahan izin perluasan investasi kepada PMA Amerika Serikat terkait akomodasi cottage dan pariwisata di Raja Ampat senilai US$200 juta.

Menurut Thomas, nilai yang dihasilkan pada kesepakatan bisnis tersebut di luar dari kesepakatan yang dapat diperoleh dalam kegiatan one on one meeting yang hingga kini telah terkonfirmasi diikuti 37 perusahaan dari Tiongkok, Jepang, Singapura, Australia, Persatuan Emirat Arab, dan Korea Selatan.

“Dalam forum one on one meeting mereka akan dipertemukan dengan perusahaan maupun pemerintah daerah secara langsung untuk membahas mengenai minat investasi mereka,” lanjutnya.

Selain itu, terdapat 7 perwakilan kedutaan besar serta asosiasi bisnis asing dari Tiongkok, Thailand, Australia, dan Jepang yang juga akan memanfaatkan kesempatan one on one meeting dengan berbagai pihak terkait investasi pariwisata di Indonesia.

Kegiatan Invest Manado bertujuan untuk memberikan gambaran destinasi investasi di Sulawesi Utara sekaligus mempopulerkan tujuan pariwisata di Manado.

Data BKPM, investasi asing (FDI) di sektor pariwisata terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 tercatat investasi di sektor pariwisata hanya US$ 673,1 juta naik tipis menjadi US$732,5 juta pada tahun 2015, naik drastis 63% menjadi US$1,19 miliar pada tahun 2016.

Hingga kuartal pertama tahun 2017, investasi asing di sektor pariwisata mencapai US$440 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro