Purbalingga Jadikan Grebeg Onje Acara Tahunan

Pemerintah Kabupaten Purbalingga berencana menjadikan Grebeg Onje event tahunan sebagai ciri khas kabupaten tersebut.\n\n
Lingga Sukatma Wiangga | 19 Mei 2017 15:19 WIB
Pawai Obor - grebegonje.com

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Kabupaten Purbalingga berencana menjadikan Grebeg Onje event tahunan sebagai ciri khas kabupaten tersebut.

Bupati Purbalingga Tasdi berharap masyarakat lebih mengenal sejarah kabupaten Purbalingga dari Grebeg Onje.

“Jadi Grebeg Onje tidak sekadar seremoni, ada esensinya, ada aspek historis dan aspek teleskopisnya, masyarakat harus tahu sejarah Kabupaten Purbalingga,“ katanya, dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Jumat (19/5/2017).

Bupati menjelaskan ada nilai historis yang harus digali di Desa Onje. Melalui Grebeg Onje bisa dikupas sejarah Desa Onje yang merupakan desa tertua yang berpengaruh pada lahirnya Kabupaten Purbalingga.

Situs Batu Dakon/grebegonje.com

Pihaknya berkomitmen untuk terus memajukan desa tertua di Kabupaten Purbalingga tersebut dengan rencana pembuatan buku berjudul Sejarah Onje Terhadap Berdirinya Kabupaten Purbalingga.

Dia pun berjanji ke depan Desa Onje akan dijadikan Kecamatan Onje. Dulu, Onje merupakan daerah yang pernah menjadi sebuah kadipaten dan melahirkan para pemimpin Kabupaten Purbalingga.

Masjid Raden Sayyid Kuning/grebegonje.com

Grebeg Onje merupakan acara napak tilas dan ekspresi kegembiraan warga Desa Onje dan Purbalingga dalam menyambut datangnya bulan Ramadan.

Makam Adipati Onje-grebegonje.com
Tag : regional, purbalingga
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top