Mandalika di Lombok, NTB/Istimewa
Travel

NTB Luncurkan Pesona Khazanah Ramadan

Amanda Kusumawardhani
Jumat, 5 Mei 2017 - 12:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai daerah yang menyandang predikat destinasi wisata Family Friendly terbaik, Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan program Pesona Khazanah Ramadan.

Ini merupakan upaya NTB untuk memaksimalkan momen Bulan Ramadan yang datang sebulan lagi. Kegiatan Pesona Khazanah Ramadan 2017 akan dilaksanakan selama sebulan penuh di NTB yang diawali dengan Rembug Republik.

Gubernur NTB Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Zainul Majdi mengatakan, pihaknya akan mengundang para wisatawan untuk mengisi aktivitas Bulan Ramadan berwisata yang sarat muatan religi di NTB, khususnya Lombok- Sumbawa.

“Jika dilihat dari tren, puncak kunjungan terjadi pada bulan suci keagamaan. Oleh karena itu, kami menggagas kegiatan pariwisata pada Bulan Ramadan ini. Kalau ingin menikmati wisata di bulan suci ini, datanglah ke Lombok," ucapnya di Jakarta, mengutip keterangan resminya, Jumat (5/5/2017).

Dijelaskan, program tersebut diadakan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan ekonomi di NTB saat bulan Ramadan. Pasalnya, Ramadan yang sebelumnya merupakan musim sepi untuk wisata sehingga diharapkan momen kali ini dapat menjaring banyak wisatawan.

"Selama ini Ramadan identik dengan tidak melakukan apapun kecuali darurat. Hal ini menyebabkan layanan publik menurun dan produktivitas mengendor. Kami ingin simbol keagamaan berkolerasi positif dengan masyarakat dan keseluruhan bangsa,” tambahnya.

Tak hanya itu, NTB juga ingin semakin mengembangkan fasilitas dan segmen wisata halal ini dengan berbagai konten yang menarik. NTB ingin menciptakan inovasi dan kreativitas agar semakin mengukuhkan diri sebagai destinasi wisata halal.

"Lombok punya Islamic Center dan banyak site budaya dan religi yang tersebar di berbagai tempat. Ini menarik untuk dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menikmati indahnya menjalankan ibadah puasa di Pulau Seribu Masjid ini," ungkapnya.

Ketua Association of The Indonesia Tours and Travel Agency (Asita) atau Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia Provinsi NTB Dewantoro Umbu Joka menilai Lombok memiliki potensi dalam menggaet wisatawan untuk merasakan suasana berpuasa.

"Asita akan menjual promo paket khusus wisata khusus Ramadan. Kita sudah punya triknya. Paket wisata Ramadan nanti bisa kita masukan tambahan buka puasa dan salat tarawih bersama bagi wisatawan," ungkap Dewantoro.

Asita NTB sudah berkoordinasi dengan pengurus Kompleks Islamic Center NTB yang kini mulai menjadi salah satu tempat yang wajib disinggahi wisatawan kala bertandang ke Lombok.

Dia berharap, pengurus Islamic Center NTB menyediakan pemandu wisata guna menjelaskan keberadaan masjid dengan arsitektur yang menawan dan juga sejarah tentang Islam di Lombok.

"Paket wisata religi sangat bisa dimaksimalkan meski paket wisata religi belum dibuat terpisah dan masih menjadi satu dengan paket city tour. Harapannya nanti ada juga yang jual pernak-pernak khas Islamic Center NTB sehingga benar-benar menjadi paket religi bagi wisatawan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro