Kampung Kopi di Bondowoso/Istimewa
Travel

Berselancar di Kampung Kopi Bondowoso

Newswire
Kamis, 4 Mei 2017 - 11:10
Bagikan

Bisnis.com, BONDOWOSO - Ingin berkunjung kemudian berselancar dengan cita rasa aroma kopi arabika khas Bondowoso?

Silakan sambangi "kampung kopi" Bondowoso. Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Bondowoso Muhammad Erfan mengatakan, pembukaan Kampung Kopi dapat mendorong pembangunan klaster kopi di sektor hilir. Ini pesona pertama.

"Tentunya selain dapat mendorong pembangunan klaster kopi arabika khas Bondowoso di tingkat hilir, sehingga dapat meningkatkan perekonomian pegiat kopi, juga dapat mendorong pada sektor wisata," katanya di Bondowoso, Jawa Timur, Kamis (4/5/2017).

Berselancar di Kampung Kopi Bondowoso

Menurutnya, selama ini kopi arabika khas di Kota Tapai itu dari tingkat hulu (petani) hanya diekspor langsung atau dijual dalam bentuk setengah jadi atau bahan kopi mentah (Oce)

Pesona kedua, dengan adanya Kampung Kopi, maka kopi dapat dijual dalam bentuk seduhan atau olahan dari para pegiat.

Bupati Bondowoso Amin Said Husni, katanya, sebelumnya pada 22 Mei 2016 sudah mendeklarasikan "Bondowoso Republik Kopi".

Masyarakat luar daerah akan mudah untuk mencari dan menikmati kopi arabika berbagai jenis di saung "Kampung Kopi" yang lokasinya di jantung kota Bondowoso. Ini pesona ketiga.

"Pegiat kopi di belasan stan-stan atau saung di Kampung Kopi itu mulai dari tingkat hulu sampai hilir atau petani kopi yang juga turut membuka stand, ada juga para anak muda yang hanya bergerak di sektor hilirnya saja (pemilik kafe dan kedai kopi)," katanya.

Berselancar di Kampung Kopi Bondowoso

Sementara, salah seorang pegiat kopi yang juga membuka stand di "Kampung Kopi" Bondowoso, Suyitno mengatakan sangat mendukung pemerintah kabupaten setempat yang memberikan peluang kepada petani untuk menjual kopi arabika karena dapat menambah keuntungan dengan menjual kopi dalam seduhan.

"Selain menguntungkan para petani kopi, juga bagi anak-anak muda yang membuka stan karena mereka yang jelas juga akan membeli kopi berbentuk bubuk kepada petani," ujarnya.

Berselancar di Kampung Kopi Bondowoso

Ia menyebut, berbagai macam jenis kopi arabika yang dijual dengan seduhan atau olahan di "Kampung Kopi" lokasinya di Alun-Alun Kota Bondowoso, yakni "bule mountain", "blue java", robusta dan beberapa jenis kopi arabika lainnya.

"Di "Kampung Kopi" harganya bermacam-macam mulai dari harga Rp7 ribu per cangkir hingga Rp22 ribu per cangkir dan terganung jenis kopinya. Harga tersebut lebih murah bila dibandingkan di kafe-kafe di kota besar," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro