Warga Baduy merayakan tradisi seba/Antara
Travel

Ungkap Rasa Syukur, Warga Baduy Rayakan Tradisi Seba

Newswire
Jumat, 28 April 2017 - 19:30
Bagikan

Bisnis.com, LEBAK - Warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mulai berdatangan ke Kota Rangkasbitung untuk merayakan tradisi Seba di Pendopo Pemerintah Kabupaten Lebak, Jumat (28/4/2017) petang.

"Kami lebih awal tiba di Rangkasbitung karena bisa berjalan-jalan sambil bermain," kata Santa (45) warga Baduy Penamping yang tinggal di Kampung Cipiit, Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Tradisi Seba itu merupakan upacara persembahan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas dilimpahkan rezeki hasil tanaman pangan selama setahun.

Santa mengatakan, dirinya mengikuti Seba ingin menjalin kebersamaan dan silaturahmi dengan pemerintah daerah.

Ribuan warga Baduy mulai tiba di Rangkasbitung pukul 15.00 WIB menggunakan truk, sekalipun banyak juga yang berjalan kaki menempuh jarak 40 kilometer dan tiba di Rangkasbitung pukul 16.00 WIB.

Mereka mengungkapan syukur tersebut diwujudkan dengan menyerahkan hasil bumi, seperti padi, pisang, gula, petai, dan buah-buahan kepada Bupati Lebak, Iti Octavia, sebagai wakil wali negara atau pejabat negara.

"Semua produk hasil bumi itu diserahkan kepada Bupati Lebak, Iti Octavia, juga pejabat lainnya untuk merayakan peringatan Seba," katanya.

Saija, pemuka adat Baduy, yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, mengatakan bahwa peringatan upacara adat tersebut dilaksanakan sejak turun-temurun sebagai bukti kesetiaan terhadap kepala pemerintah.

Pelaksanaan adat ini dilakukan setelah menjalankan tradisi Kawalu, yakni puasa selama tiga bulan dan wilayah Baduy tertutup bagi warga luar.

Peringatan Seba selain silaturahmi dengan pejabat pemerintah juga memberikan hasil pertanian sekaligus menyampaikan berbagai pesan keluhuran atau kearifan lokal tradisi Baduy.

"Juga menyampaikan pesan kepada Bupati Lebak dan Gubernur Banten sebagai kepala pemerintah daerah," katanya.

Pelaksanaan Seba tahun 2017 dinamakan "Seba Gede" karena dihadiri ribuan orang, dan berbeda dengan "Seba Leutik" yang hanya dihadiri ratusan orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro