Ilustrasi: Promosi Wonderful Indonesia di London/Antara
Kuliner

Realisasikan 10 Restoran Indonesia, Kemenpar Bidik Sejumlah Negara

Amanda Kusumawardhani
Kamis, 30 Maret 2017 - 15:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pariwisata membidik sejumlah negara untuk merealisasikan target 10 restoran Indonesia yang berada di luar negeri dan mengemasnya dengan konsep Wonderful Indonesia.

Adapun, sejumlah negara tersebut antara lain Prancis (Paris), Amerika Serikat (New York), Inggris (London), Spanyol, dan China (Luoyang).

“Beberapa kota itu dipilih berdasarkan restoran yang sudah ada dan menjual kuliner Indonesia. Kerja sama memang diarahkan ke mitra lokal, Kemenpar hanya tinggal melakukan promosi dan mendekorasi restoran sesuai dengan konsep Wonderful Indonesia,” kata Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar Vita Datau di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Khusus untuk di China, dirinya mengungkapkan peresmian restoran Wonderful Indonesia ini akan dilakukan pada 1 April 2017. Restoran itu berada di lantai 25 Hotel Peony, Luoyang.

Selain restoran yang sudah lebih dulu ada (existing), Kemenpar juga menetapkan kriteria lainnya yakni pemilihan kota yang sesuai dengan pasar utama wisatawan mancanegara (wisman) untuk Indonesia.

Peminat kuliner di Indonesia diakuinya memang masih terpusat di Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Latin mengingat sejarah yang panjang terkait ilmu gastronomi serta kedekatannya dengan Indonesia.

Berdasarkan data Badan Kreatif (Bekraf), komoditas unggulan industri kreatif masih didominasi sektor kuliner 41,69%, diikuti fesyen 18,15%, dan kriya 15,7% pada 2015. Untuk tujuan ekspor, Amerika Serikat, Taiwan, Swiss, Jerman, Singapura, dan China masih menjadi partner utama Indonesia di sektor industri kreatif.

“Ketika mengunjungi daerah yang baru, pasti ada kecenderungan untuk mencoba sesuatu yang baru. Entah itu destinasinya atau kulinernya. Saat ini, mulai banyak orang yang berkunjung ke suatu daerah didorong oleh kuliner,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro